Sukabumi Update

Doa Akhir Tahun yang Dianjurkan Nabi Muhammad untuk Menutup 2020

SUKABUMIUPDATE.com - Hari ini adalah momentum yang tepat untuk melihat perjalanan diri kita. Selama 2020 tentu banyak hal yang telah kita lakukan, entah itu yang bersifat baik maupun kekurangan yang memang mesti kita evaluasi. Untuk alasan ini, mari kita memanjatkan doa akhir tahun sebagai wujud kepasrahan diri kepada Allah SWT.

Inilah doa akhir tahun yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dibacakan. Doa ini dimasukkan oleh Mufti Jakarta 19-20 dari Habib Utsman bin Yahya dalam Maslakul Akhyar.

Allahumma ma amiltu min amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha alayya bi fadhlika ba'da qudratika ala uqubati, wa da'autani ilat taubati min ba'di jara'ati ala ma'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma amiltu fiha mimma tardha, wa wa'attani alaihits tsawaba, fa'as aluka an tataqabbala minni wa la taqtha rajai minka ya kariim.

Artinya: "Tuhanku, aku meminta ampunan dari perbuatanku di tahun ini yang Kau larang, sementara aku belum sempat bertaubat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahanMu, sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk taubat, sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakaiMu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahalaMu. Janganlah putuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah".

Doa ini dapat diulang sebanyak tiga kali sekurang-kurangnya sebelum Magrib dan semoga membawa kebaikan pada akhir tahun ini. Mudah-mudahan Allah mengampuni kita semuanya dan memberikan keberkahan di ujung 2020 menyambut 2021.

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI