Sukabumi Update

Kamu Gak Mau Kena Jerawat Kan? Coba Deh 5 Makanan Kaya Manfaat Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Sudah bukan rahasia bahwa jerawat adalah hal yang tidak diinginkan karena menjadi masalah kulit paling umum dan mengganggu. Karena selain menyakitkan, masalah kulit ini juga mengganggu penampilan. Namun ternyata, ada sejumlah makanan kaya manfaat yang bisa membantu menurunkan risiko dari terkena masalah ini.

Berikut lima makanan yang dapat dikonsumsi untuk menghindari jerawat dilansir dari suara.com.

1. Air

Air ternyata membawa nutrisi dan oksigen ke dalam tubuh. Sehingga hal ini bisa menjaga organ agar tetap terpenuhi gizi dan bugar untuk melawan jerawat.

2. Air Lemon

Air lemon bisa membantu menghilangkan limbah asam dan membersihkan hati dengan asam sitrat. Tak hanya itu, air lemon juga membangun enzim untuk menghilangkan racun darah. Air lemon pun bisa membersihkan pori-pori dan membuat kulit terasa segar dan cerah.

3. Buah

Ada tiga buah yang perlu dikonsumsi sebagai upaya menurunkan risiko terkena jerawat, seperti semangka, raspberry, dan apel. Raspberry sendiri termasuk buah yang mengandung vitamin, antioksidan, dan serat. Buah ini juga kaya akan fitokimia yang melindungi kulit.

Sementara apel mengandung banyak pektin yang merupakan musuh jerawat. Coba konsumsi apel dengan kulitnya karena terdapat konsentrasi pektin yang sebagian besar berasal dari kulitnya.

Sedangkan semangka mempunyai manfaat untuk menghilangkan noda pada kulit. Semangka juga kaya akan vitamin A, B, dan C, serta menjaga kulit tetap segar, bercahaya, dan terhidrasi. Semangka ikut membantu mencegah jerawat dan menghilangkan bekas luka.

4. Produk Susu

Beragam produk susu rendah lemak yang mengandung vitamin A merupakan salah satu komponen terpenting dari kesehatan kulit. Dalam hal ini, yogurt dapat menjadi produk susu pilihan karena memiliki kualitas antijamur dan antibakteri. Yogurt juga bermanfaat untuk membersihkan kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat.

5. Kacang Kenari

Mengkonsumsi kacang kenari secara teratur akan ikut membantu meningkatkan kehalusan dan kelembutan kulit. Sebab, minyak kenari mengandung asam linoleat yang membantu menjaga struktur kulit agar tetap kedap air dan terhidrasi dengan baik. Sedangkan selenium makanan yang berasal dari kacang-kacangan juga bisa mengurangi risiko kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Sumber: suara.com

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI