Sukabumi Update

Hai Girls, Hati-hati dengan 5 Gaya Ini karena Bisa Bikin Rambut Rusak

SUKABUMIUPDATE.com - Kamu mungkin menyadari bahwa hal-hal seperti terlalu bersemangat menyisir, mewarnainya secara terus-menerus, dan menggunakan alat panas yang berulang-ulang bisa berdampak serius pada rambut. Namun ternyata, ada sejumlah penyebab lain yang juga bisa mengakibatkan rambut rusak, yaitu gaya sehari-hari.

Tanpa disadari, salah satu penyebab rambut rusak adalah berasal dari gaya rambut yang mungkin kamu lakukan sehari-hari. Seperti dilansir dari laman Tempo, sejumlah ahli menjelaskan mengapa lima gaya berikut ini berpotensi menimbulkan masalah.

1. Kuncir Ekor Kuda

Semua penata gaya sepakat bahwa gaya rambut ekor kuda bisa dibilang yang paling bermasalah. Terutama jika kamu sering mengikat rambut di tempat yang sama. Sebab, hal itu akan mengakibatkan ketegangan teratur dan menarik bagian rambut yang sama.

Gaya rambut kuncir kuda tinggi adalah yang terburuk sebab menimbulkan ketegangan pada helai rambut halus di sekitar garis rambut.

Masalah lainnya adalah kain pengikat yang digunakan juga mengakibatkan banyak gesekan. Dengan penggunaan yang berulang, maka bisa menyebabkan rambut kusut dan patah. Apalagi jika kamu memiliki rambut yang terlalu rapuh dan rentan.

2. Sanggul Atas

Ini merupakan gaya sehari-hari yang mudah bagi sebagian orang. Namun gaya rambut ini dapat berpengaruh pada rambut kamu.

Mirip dengan kuncir kuda tinggi, masalahnya adalah rambut ditarik sangat kencang pada bagian mahkota yang sama, sehingga menyebabkan stres dan kerusakan.

Idealnya, turunkan tarikan tersebut agar tidak tepat di atas kepala kamu dan jangan menarik terlalu banyak. Buat sanggul tersebut tidak sekencang atau kencangkan dengan ikat rambut yang lembut atau beberapa jepit.

3. Kepang Terlalu Ketat

Secara teoritis, kepang merupakan gaya pelindung yang bagus untuk rambut etnik atau bertekstur alami. Namun jika dilakukan dengan tidak benar, maka akan menghasilkan efek sebaliknya. Kepang yang terlalu ketat dapat menyebabkan kerusakan besar pada rambut dan kulit kepala kamu.

4. Ekstensi

Ekstensi yang tidak dipasang dengan benar akan menciptakan ketegangan pada banyak titik di kepala, meskipun itu diikat dengan tangan, dijahit, atau direkatkan.

Hal itu bahkan bisa berakhir dengan traksi alopecia atau banyak titik botak kecil di sepanjang kulit kepala. Jika itu merupakan ekstensi yang direncanakan untuk digunakan selama lebih dari beberapa jam, pastikan kamu menemui orang profesional untuk pemasangannya. 

5. Menata Rambut Basah

Menciptakan jenis gaya apa pun ketika rambut basah dapat memicu kerusakan. Kamu mungkin mencoba menggunakan alat panas, tapi itu juga bermasalah untuk menangani rambut yang super basah.

Coba keringkan rambut kamu dengan handuk mikrofiber dan biarkan mengering dengan sendirinya sebelum kamu menatanya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI