Sukabumi Update

3 Amalan Sunnah Saat Ramadhan yang Banyak Pahalanya

SUKABUMIUPDATE.com - Amalan sunnah yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan sangatlah beragam. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW pernah berkata, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dengan ganjaran pahala yang berlimpah.

Selain berpuasa, umat muslim juga diberikan kesempatan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin pahala dari amalan sunnah tersebut, karena akan mendapatkan ganjaran pahala berlipat ganda.

1. Tadarus Al Qur'an

photoIlustrasi Tadarus Al Quran - (Unsplash)</span

Bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk mengakrabkan kembali diri Anda dengan ayat-ayat suci Al-Quran. 

Amalan sunah yang bisa dilakukan salah satunya adalah Tadarus Al Qur'an, yang artinya membaca, merenungkan, menelaah dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang diturunkan pertama kali di malam bulan suci Ramadhan.

Terutama perbanyaklah melakukan Tadarus Al Qur'an saat momen malam sakral bagi umat muslim di seluruh dunia, yakni Lailatul Qadar (Malam dimana diturunkannya ayat-ayat pertama Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW).

Meskipun tidak ada yang mengetahui dengan pasti kapan tanggal tepat turunnya Lailatul Qadar tersebut, namun sebagian orang meyakini, malam kemuliaan itu terjadi diantara 10 malam terakhir hingga mendekati akhir bulan Ramadhan.

Selain itu, ada juga umat muslim yang percaya Lailatul Qadar terjadi di malam hari ke-27 bulan Ramadhan atau saat tanggal-tanggal ganjil. 

Baca Juga :

Ini mengacu pada hadis riwayat Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda, Lailatul Qadar terjadi di malam ganjil.

"Cari lah Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan."

Ayo Updaters, yuk perbanyak melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti Tadarus Al Qur'an di bulan suci Ramadhan ini.

2. Sedekah

photoIlustrasi sedekah - (Unsplash)</span

Salah satu pintu meraih keberkahan melimpah di bulan Ramadhan yakni melalui sedekah. Dalam agama Islam, umat muslim dianjurkan untuk tidak serakah dan berbagi kepada sesama manusia lainnya.

Apalagi di bulan Ramadhan ini, amalan sunnah ini akan melatih Anda untuk menjadi seseorang yang dermawan serta pemurah.

3. Iktikaf

photoIlustrasi Iktikaf atau berdiam diri di dalam Masjid - (Unsplash)</span

Kegiatan Iktikaf memiliki arti menetap, mengurung diri atau perenungan diri. Dalam konteks ibadah agama Islam, Iktikaf berarti berdiam diri di dalam masjid dengan tujuan untuk mencari keridhaan Allah SWT.

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI