Sukabumi Update

3 Keutamaan Salat Sunnah Tahajud Jika Dilakukan Rutin

SUKABUMIUPDATE.com - Salat sunnah tahajud dilakukan pada sepertiga malam, setelah tertidur, melakukan salat tahajud harus diawali dengan tidur terlebih dahulu, jika belum tidur sebelumnya, maka bisa melakukan salat sunat lain seperti salat hajat atau salat witir. Namun untuk salat sunnah yang paling istimewa menurut Abu Hurairah RA, adalah salat sunnah tahajud. 

Dalam melaksanakan salat tahajud, niatkanlah ibadah kepada Allah SWT. Sebab, hanya kepada Allah lah kita meminta dan berserah diri. 

Salat tahajud dilakukan bukan semata-mata karena kita membutuhkan sesuatu, tetapi juga menandakan bahwa sebagai umat-Nya yang soleh dan taat. 

photoSaat terbangun di kala malam, baiknya melaksanakan ibadah sunnah salat tahajud - (Unsplash)</span

Dalam Al-Quran disebutkan :

"Dan pada sebagian malam hari lakukanlah salat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji". (QS. Al Isra (17): 79).

Baca Juga :

Oleh sebab itu, ada tiga keutamaan yang didapatkan jika Anda rutin melakukan salat sunnah tahajud seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. 

1. Pelebur Dosa

Dalam hadis Abu Umammah disebutkan bahwa, barang siapa melakukan salat malam dan meminta kepada Allah dengan khusyuk untuk dihapuskan segala dosa di masa lampaunya, maka Allah kabulkan. 

2. Jalan Masuk Surga Terbuka

"Wahai kaum Muslimin, sebarkanlah salam, berikanlah makan kepada fakir miskin, pelihara lah hubungan dengan silaturahmi, salatlah di waktu malam ketika orang banyak sedang tertidur lelap, niscaya kalian akan masuk surga dengan aman".

(HR. Ibnu Majah No. 3251, 1334: At-Tirmidzi No. 2485, 1984: HR. Al-Hakim, 3/13: HR. Ahmad, 5/451, dishahihkan oleh al-Albani dalam Silsilah al-Ahadist ash-Shahihah No. 569: Irwa’ul Ghalil, 3/239)

3. Jawaban Segala Do'a

Ketika doa yang selalu dipanjatkan terasa masih belum diberi jawaban oleh Allah, maka lakukan ikhtiar lebih dengan salat tahajud. 

Allah bahkan akan menjawab doa-doamu dengan berbagai macam cara, hanya bagaimana Anda menerima jawaban doa tersebutlah yang menentukan rasa syukur Anda.

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI