Sukabumi Update

Terlihat Sepele, Dua Hal yang Harus Disiapkan Jelang Lebaran

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah hal penting jelang lebaran biasanya selalu terabaikan oleh banyak orang. Orang-orang akan lebih memilih untuk sibuk mempersiapkan hal lain seperti pakaian untuk menyambut datangnya hari raya.

Ada sebuah tradisi di Indonesia saat lebaran tiba, yakni mengenakan pakaian serba baru mulai dari baju, celana hingga aksesoris. Namun sedikit orang yang memikirkan, baju baru tersebut seharusnya dicuci terlebih dahulu. 

Tahukah Anda, setiap baju baru yang berasal dari toko manapun, bisa saja sudah berdebu karena sudah terlalu lama berdiam di rak katalog pakaian.

Atau yang paling berbahaya adalah biasanya baju-baju tersebut mengandung berbagai bakteri atau virus yang sudah menempel pada baju yang Anda beli.

Apakah orang-orang yang membeli baju tersebut selalu mencucinya terlebih dahulu sebelum dikenakan?

Hal-hal sepele seperti barusan, baiknya Anda perhatikan karena selain menjaga kesehatan juga agar membuat lebaran Anda nyaman dan aman dari gangguan penyakit.

Baca Juga :

Berikut sejumlah hal penting terlihat sepele yang harus Anda perhatikan sebelum menjelang lebaran.

1. Kebersihan Rumah

photoMenjaga kebersihan rumah sebelum dan saat lebaran merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh para pemilik rumah - (pixabay.com)</span

Menjelang lebaran, jika Anda mempunyai asisten rumah tangga atau pembantu, biasanya mereka akan izin untuk mudik atau pulang kampung beberapa hari sebelum hari raya.

Otomatis, seluruh aspek kebersihan yang ada di rumah menjadi tanggung jawab Anda sebagai pemilik rumah. 

Nah, sebelum kedatangan keluarga dan tetangga untuk bersilaturahmi saat lebaran, sebaiknya Anda perhatikan dulu hal-hal mendasar tentang kebersihan rumah. 

Selain itu, lakukan beberapa renovasi atau perbaikan terhadap beberapa spot rumah yang sudah terlihat rusak agar tidak merusak pemandangan saat banyak tamu berkunjung ke rumah Anda.

Berikan sedikit dekorasi dan sentuhan tata ruang yang baru agar mendatangkan suasana lebih khidmat saat berkumpul dengan keluarga di hari raya.

2. Sediakan Buah-buahan 

photoBuah-buahan sangat penting dikonsumsi saat lebaran, karena selain kebutuhan serat dalam tubuh, juga menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat - (pixabay.com)</span

Saat lebaran, biasanya berbagai menu masakan berminyak seperti rendang, opor serta ketupat dan berbagai macam masakan berat lainnya akan banyak tersaji dan menggoda untuk disantap.

Tapi Anda harus hati-hati juga ya! Jangan sampai perut Anda kewalahan menampung semua jenis makanan berat tersebut. 

Oleh karena itu sebaiknya Anda juga menyediakan makanan kaya serat agar perut Anda tetap sehat, sediakan berbagai jenis buah-buahan kaya serat seperti apel, pir, jeruk, pisang dan lainnya, agar membantu mengelola dan melancarkan sistem pencernaan Anda.

Tapi yang paling terpenting adalah, meskipun hidangan yang menggugah selera akan banyak tersaji saat lebaran nanti, Anda tetap harus dapat menahan untuk tidak makan berlebihan. Jangan sampai lebaran jadi petaka ya Updaters!

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI