Sukabumi Update

Empat Cara Usir Nyamuk dari Rumah Pakai Bahan Alami

SUKABUMIUPDATE.com - Nyamuk bukan hanya membuat tidak nyaman dengan suara dan gigitannya. Untuk jenis tertentu, binatang terbang ini juga bisa berbahaya karena dapat membawa beberapa penyakit seperti demam berdarah, malaria, hingga Chikungunya. 

Paling menyebalkan lagi karena nyamuk sangat suka berada di sekitar telinga sehingga sering kali mengganggu istirahat. Binatang ini sangat sulit diusir, tapi bukan berarti tidak bisa. Ada banyak cara untuk menjaga rumah bebas nyamuk dan mencegah dari penyakit mematikan yang ditularkan olehnya.

Berikut empat cara mengusir nyamuk dari rumah dengan bahan-bahan alami seperti dilansir dari Times of India melalui Tempo, Minggu, 11 Juli 2021. 

1. Tanam kemangi dan tulsi

Tanaman kemangi atau tulsi atau kemangi suci adalah jenis tanaman yang tidak disukai nyamuk. Anda bisa menanamnya di dalam rumah untuk mengusir nyamuk. Selain tanaman, minyak tulsi juga bisa digunakan pada kulit untuk mencegah gigitan nyamuk. 

2. Pastikan tak ada genangan 

Jangan menyimpan genangan air di rumah. Nyamuk berkembang biak di air, jadi penting untuk mengosongkan semua ember dan wadah penampungan air di dalamnya.

3. Bakar dupa

Anda juga bisa membakar dupa di rumah untuk mengusir nyamuk karena nyamuk tidak suka asap. Usahakan untuk memilih dupa yang mengandung bahan seperti serai wangi, kayu putih, dan cengkeh.

4. Bawang putih

Cara efektif lain untuk mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan bawang putih. Bau bawang putih yang menyengat membantu mengusir nyamuk. Jadi semprotkan sedikit minyak bawang putih di sudut-sudut tempat yang paling disukai nyamuk.

Sumber: Tempo

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI