Sukabumi Update

Tips Makan 20 Menit: Pilih Menu yang Cepat Dikunyah, Bubur dan Sayur Jadi Pilihan

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 diperpanjang hingga 2 Agustus, terdapat beberapa kebijakan baru. Salah satunya warung makan dan sejenisnya dapat menerima pembeli makan di tempat. Namun, mereka hanya diberi waktu maksimal makan 20 menit.

Itu bertujuan agar pembeli cukup makan tanpa ada hal-hal lain seperti bercengkrama dan bersenda gurau. Sebab, ditakutkan dapat menyebarkan percikan (droplets), yang dikhawatirkan menyebarkan Covid-19, apalagi dengan varian Delta. Belum ada kejelasan yang pasti waktu makan 20 menit dimulai sejak masuk rumah makan, memilih makanan, atau ketika mulai memakannya.

Dibutuhkan antisipasi dalam memilih rumah makan yang tepat. Diperlukan memilih tempat makan yang tidak harus menunggu lama untuk pembuatan makanannya, seperti warung tegal alias warteg dan rumah makan cepat saji (fast food). Warteg dan sejenisnya sudah langsung menyediakan menu yang ada dan pembeli dapat langsung memilih lauk pauk serta sayur mayur yang diinginkan.

Selain warteg, pembeli juga dapat menuju rumah makan cepat saji seperti ayam goreng. Sebab, penjual biasanya sudah menyiapkan ayam goreng, tinggal menunggu pesanan dari pembeli dan dikemas.

Untuk memilih menu makanan yang cepat disantap, pembeli bisa memilih makanan yang dapat dikunyah dengan cepat. Serta mengurangi makanan berbahan ikan karena memiliki duri yang menyulitkan konsumen untuk memisahkan antara daging dan duri. Selain memilih lauk pauk yang tidak rumit untuk dimakan, pembeli dapat memilih makanan yang berkuah agar cepat ditelan.

Berikut menu yang dapat dipilih untuk dapat menyesuaikan makan 20 menit:

Pertama, bubur ayam dan sejenisnya. Tekstur bubur yang lembut memudahkan manusia untuk memakan dengan cepat. Hal ini karena bubur tidak memaksa konsumen untuk banyak mengunyah.

Kedua, sayur bayam. Sayur ini memiliki kuah yang tidak pekat, sehingga lebih mudah untuk ditelan. Isian sayur bayam pun biasanya terdiri dari bayam, wortel, dan jagung, yang mudah untuk dikunyah dan ditelan.

Ketiga, tahu. Tahu sangat mudah untuk hancur ketika dikunyah, sehingga memudahkan pembeli untuk menyantap makanan selama makan 20 menit di masa PPKM Level 4. Selain mudah untuk ditelan, tahu memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Sumber: Tempo

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI