Sukabumi Update

Picu Serangan Jantung hingga Stroke, 5 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria

SUKABUMIUPDATE.com - Perut buncit sering membuat beberapa pria merasa kurang percaya diri. Selain mengganggu penampilan, kondisi itu pun dapat memicu terjadinya sindrom metabolik serta meningkatkan risiko mengalami beberapa penyakit seperti stroke, serangan jantung, dan penyakit pembuluh darah lainnya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan perut menjadi buncit. Tak hanya karena bertambahnya usia, perubahan hormon, pola makan yang buruk, dan kurang berolahraga juga dapat menyebabkan perut buncit. Kondisi ini tidak hanya dialami orang gemuk , sebab orang dengan postur badan yang kurus pun bisa mengalaminya.

photoPerut buncit.

Menukil penjelasan dari laman Alodokter Kemenkes, ada beberapa cara mengecilkan perut buncit pada pria yang bisa kamu coba, antara lain:

1. Membatasi Makanan Cepat Saji

Sejumlah studi menyebutkan mengonsumsi makanan cepat saji seperti kentang goreng, burger, dan pizza, berisiko meningkatkan lemak di perut. Sehingga, kurangilah konsumsi makanan cepat saji apabila kamu ingin mengecilkan perut.

Kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

2. Perbanyak Gerak

Jika kamu jarang melakukan aktivitas fisik, sering duduk terlalu lama, dan jarang berolahraga, atau lebih sering rebahan dan makan, jangan kaget kalau perutmu membesar. Pasalnya, lemak dari makanan yang kamu makan tidak akan terbakar tanpa melakukan aktivitas. 

Mulai dari sekarang perbanyaklah bergerak seperti jalan santai, bersepeda, atau berenang, setidaknya 150 menit setiap pekan. Namun, apabila pekerjaan kamu mengharuskan untuk duduk dalam waktu yang lama, cobalah istirahat dengan berdiri atau berjalan santai setiap 90 menit sekali dengan durasi 5-10 menit. 

3. Membatasi Makanan dan Minuman Manis

Makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula tinggi seperti kue, es krim, permen, dan minuman bersoda, juga berisiko dalam meningkatkan timbunan lemak di perut yang dapat membuat terlihat buncit. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi cokelat hitam, kopi atau teh tanpa gula, perbanyak minum air putih, serta konsumsi buah-buahan.

4. Mengonsumsi Makanan Kaya Protein

Perbanyak konsumsi makanan berprotein seperti telur, ikan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak dan susu, dapat membantu kamu dalam mengecilkan perut. Makanan tersebut menghasilkan lemak yang sedikit dan membuat perut kenyang lebih lama. 

Selain mengonsumsi makanan tinggi protein, mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran, buah-buahan, atau shirataki juga dapat membantu menurunkan keinginan untuk makan berlebih. 

5. Mencukupi Waktu Istirahat

Tidak hanya dengan mengatur pola makan dan melakukan aktivitas fisik. Memiliki waktu istirahat yang cukup, setidaknya 7-8 jam setiap malam juga penting untuk mengurangi penumpukan lemak di perut. 

Itu didasarkan pada beberapa studi yang menunjukkan orang yang memiliki waktu tidur kurang dari 5 jam tiap malam cenderung mengalami penambahan berat badan dan lemak di perut secara signifikan. 

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa mencoba untuk mengonsumsi sumber probiotik seperti tempe, keju, dan yoghurt. Sebab, makanan yang kaya akan probiotik dapat meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan sekaligus mengurangi lemak pada perut.

KONTRIBUTOR: AURA ALYA KAUTSAR

Video Lainnya:

Peneliti Indonesia Riset Ampas Kopi untuk Material Baterai Kendaraan Listrik

Vanessa Angel dan Suami Meninggal di Tol, Polisi: Dibawa ke RS

Api Sambar Bensin, Ruko Kanopi di Kebonpedes Sukabumi Kebakaran

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI