Sukabumi Update

Tips Mendidik Anak Agar Bijak Pakai Gadget dan Internet

SUKABUMIUPDATE.com - Tips mendidik anak agar bijak menggunakan Gadget dan internet begitu diperlukan oleh orang tua. Sebab terlalu sering memakai Gadget tidak baik bagi sang buah hati.

Gadget memang memiliki banyak manfaat, demikian juga dengan internet karena berbagai hal bisa didapatkan mulai dari mengakses informasi, terkoneksi dengan orang lain melalui media sosial, belanja hingga games yang menghibur.

Tapi disisi lain, terdapat berbagai dampak negatif dari gadget dan internet, diantaranya berbagai situs yang tidak layak bagi anak hingga mempengaruhi kesehatan anak.

Tidak sedikit anak yang kecanduan gadget. Apabila sudah seperti itu, tak sedikit juga orang tua yang kesulitan menjauhkan serta memberi batasan anak untuk menggunakan gadget.

Maka dari itu, berikut ini tips mendidik anak agar bijak menggunakan gadget dan internet. Silahkan disimak ya moms.

Baca Juga :

1. Beri Batas Waktu

photoIlustrasi Beri Batas Waktu untuk Anak Bermain Gadget | Sumber: Freepik</span

Memberi batasan waktu penggunaan Gadget kepada anak sangat penting dilakukan agar anak tidak kecanduan.

Seperti yang kita ketahui bahwa gadget atau gawai menawarkan berbagai aplikasi menarik seperti game dan juga media sosial yang berisi berbagai konten menghibur.

Hal tersebut dapat membuat anak menjadi kecanduan gadget sehingga mengganggu aktivitas yang perlu mereka lakukan seperti belajar dan berhubungan sosial dengan orang lain.

Selain hal tersebut, gadget juga dapat mempengaruhi kesehatan mata karena terlalu lama menatap layar gadget dan dapat mempengaruhi pertumbuhan, karena saat asyik dengan gadget, anak tidak akan memperdulikan posisi tubuhnya.

Italian Journal of Pediatrics, memberi saran waktu yang baik untuk menggunakan gawai bagi anak khususnya di usia prasekolah yaitu selama kurang dari satu jam.

Mereka juga mendapati hasil penelitian yang menyebutkan bahwa proses perkembang anak usia prasekolah dapat terpengaruh apabila terlalu lama berada di depan layar Gadget. Hati-hati ya moms!

2. Ajak Anak Melakukan Kegiatan Menyenangkan

photoIlustrasi Mengajak Anak Melakukan Kegiatan Menyenangkan | Sumber: Freepik</span

Cara lain untuk mendidik anak agar bijak menggunakan gadget yaitu melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Hal yang dapat dilakukan orang tua contohnya mengajak anak mengunjungi rumah saudara, liburan ke objek wisata bernuansa alam, mengunjungi museum dan masih banyak lagi.

Dengan kegiatan-kegiatan tersebut anak menemukan suasana baru karena bertemu dengan banyak orang dan dapat belajar untuk berinteraksi serta berkomunikasi secara langsung.

3. Ingatkan Soal Privasi

photoIlustrasi Mengingatkan Anak Soal Privasi | Sumber: Pexels</span

Penting sekali bagi orang tua untuk memberi tahu bahwa penggunaan Gadget terutama media sosial berpotensi untuk menghilangkan privasi seseorang.

Oleh karena itu, orang tua perlu mendidik anak untuk tau apa saja hal yang boleh dan tidak boleh diposting di media sosial atau internet.

4. Gunakan Browser Ramah Anak

photoIlustrasi YouTube Kisd untuk Anak | Sumber: YouTube</span

Kini sudah banyak browser dan program pada Gadget yang dirancang khusus untuk anak-anak atau ramah anak.

Misalnya sistem kids mode atau mode anak yang bisa ditemukan di smartphone.

Dengan mode tersebut, anak memiliki batas waktu penggunaan gadget, termasuk membatasi akses aplikasi yang dapat digunakan.

YouTube pun memberi alternatif YouTube Kids. Dengan pengaturan tersebut, orang tua dapat memilih konten dan video apa saja yang boleh diakses anak.

5. Ajari Anak untuk Tidak Asal Klik

photoIlustrasi Ajari Anak untuk Tidak Asal Klik | Sumber: Freepik</span

Ini penting sekali untuk diajarkan pada anak, sebab berbagai cara dilakukan oleh pengembang aplikasi dan pengiklan untuk mendapatkan keuntungan.

Salah satunya seperti pop-up iklan yang nantinya mengarahkan untuk membeli sesuatu dan juga upgrade item di game yang berbayar.

Banyak sekali contoh seperti berita tentang orang tua yang kaget mendapati tagihan dengan nominal yang besar dari sebuah aplikasi. Setelah dilacak ternyata sang anak yang melakukan pembelian.

Selain itu, peretasan akun atau hal pribadi lainnya melalui internet juga riskan terjadi jika anak asal mengklik.

Oleh karena itu, mengajari anak agar tidak asal klik adalah suatu keharusan agar hal tersebut tidak terjadi.

6. Periksa Riwayat Browser

photoIlustrasi Memeriksa Riwayat Browser | Sumber: Freepik</span

Memeriksa riwayat browser pada gawai bisa membantu orang tua untuk mengetahui apa saja situs yang sudah diakses anak.

Dengan begitu, orang tua bisa menjelaskan bahwa beberapa situs yang pernah anak akses itu baik atau tidak.

Apabila ada situs yang tidak baik, maka orang tua harus memberi penjelasan mengenai resiko jika seseorang mengakses situs tersebut. 

Tujuannya agar anak tidak merasa penasaran dan malah mengulangi untuk mengunjungi situs tersebut.

Penting juga bagi orang tua untuk memberi tahu jika memeriksa riwayat browser bukanlah tindakan yang bertujuan mengganggu privasi anak. Beri pengertian bahwa hal tersebut dilakukan demi kebaikan dan proses belajar anak.

Nah itulah beberapa tips untuk mendidik anak agar bijak dalam menggunakan Gadget. Terus awasi si buah hati ya moms agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI