Sukabumi Update

6 Cara Ampuh Usir Semut dari Rumah

SUKABUMIUPDATE.com - Ingin tahu cara usir semut dari rumah? Binatang kecil satu ini memang cukup mengganggu ketika mereka bersarang di rumah Anda. Apalagi, jika semut-semut tersebut mengambil beberapa makanan lalu memakannya.

Mengutip dari suara.com, inilah enam cara usir semut dari rumah:

photo(Ilustrasi) Semut sedang memakan makanan di rumah. - (via theconversation.com)</span

1. Lada Hitam atau Cabai Rawit

kedua bumbu dapur ini sangat dibenci oleh semut. Anda dapat dengan mudah menggunakannya dengan cara menaburkan bubuk cabai atau lada hitam di tempat semut berkerumun.

Selain itu, Anda juga bisa membuat larutan lada hitam dan air untuk kemudian disemprotkan langsung ke semut. Semprotan ini tidak akan membunuh semut, namun akan membuat mereka enggan kembali ke tempat tersebut.

2. Mint

Salah satu bahan alami pembasmi semut yang mudah untuk ditemukan adalah peppermint. atau mint. Anda juga menanam sendiri tumbuhan ini di kebun atau halaman rumah.

Salah satu hal yang paling dibenci semut dari peppermint adalah baunya yang menyengat. Jadi, coba tempatkan peppermint di sekitar pintu masuk dan beberapa lubang yang mungkin dihuni oleh semut.

Apabila menggunakan peppermint oil, coba teteskan minyak peppermint pada bola kapas lalu seka pada area rumah semut.

3. Kayu Manis

Aroma menyengat yang khas pada kayu manis rupanya sangat tidak disukai semut. Saat menghirupnya, semut bisa langsung lemas bahkan mati.

Cara menggunakan kayu manis untuk mengusir semut yaitu taburkan bubuk kayu manis ke area lubang sarang semut. Selain itu, bisa juga menggunakan cara membuat semprotan dari lautan kayu manis.

4. Jus Lemon

Jus lemon juga dapat menghancurkan jejak aroma yang biasanya diikuti semut. Caranya, campurkan jus lemon dan air dengan perbandingan 1:3. Setelah itu, cukup semprotkan langsung ke semut atau ke wilayah yang biasa dilintasinya.

5. Cuka

Untuk membasmi semut, campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Setelah dicampur, semprotkan cairan tersebut langsung ke semut. 

Sebagai pencegahan, semprotkan cairan cuka ke wilayah yang biasa dilewati semut seperti ambang jendela dan pintu.

6. Food-Grade Diatomaceous Earth (DE)

Bubuk Diatomaceous Earth atau DE dipercaya cukup ampuh untuk mengusir semut. Bubuk ini terbuat dari sisa-sisa fosil fitoplankton. 

Sisi-sisi yang tajam pada DE dapat membuat semut menderita secara perlahan sebelum akhirnya tubuh mereka mengering.

Caranya, cukup taburkan bubuk DE di ambang jendela, bawah lemari, sekitar tong sampah dan tempat lain yang biasa dihuni semut.

Demikian cara usir semut dari rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Sumber: suara.com

Koleksi Video Lainnya:

Wali Kota Sukabumi Kesal Kolam Ikan Masjid Agung Dipakai Renang

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI