Sukabumi Update

NEET: 4 Jenis Pengangguran Ala Jepang

SUKABUMIUPDATE.com - Jika kamu anime lovers, pasti kamu pernah mendengar kata NEET yang dilontarkan salah satu karakter anime. Entah sebagai sindiran atau memang yang menggambarkan seseorang tersebut memang seorang NEET.

NEET atau Not in Education Employment, or training. Bisa digambarkan seseorang yang tidak ingin bekerja, menempuh Pendidikan atau pelatihan apapun. Intinya mereka tidak ingin melakukan hal apapun yang bisa mengikat dirinya.

Simpelnya NEET adalah seorang pengangguran karena Pilihan mereka sendiri. Pengangguran pada umumnya adalah orang-orang yang tidak bekerja atau belum mendapatkan pekerjaan.

Istilah unik ini berasal dari Jepang, sebutan NEET sangat tergambar dari beberapa anime orang-orang yang “tidak berguna” atau bahkan bisa dikatakan sebagai “sampah masyarakat”.

photoIlustrasi Penyebab orang menjadi seroang NEET - (Unsplash)

Namun, ada beberapa hal yang membuat orang menjadi demikian, misalnya karena mereka telah menjadi korban dari bullying. Sehingga merasa trauma yang mendalam ketika mereka bertemu dengan orang lain.

Baca Juga :

Secara umum pengangguran di Jepang disebut “Mugyousha”. Namun ada beberapa jenis dan istilah lain untuk para pengangguran ala Jepang.

Apa saja sebutan pengangguran atau NEET tersebut, simak penjelasanya berikut ini.

1. Yankee kata

Tipe pengangguran Yankee kata adalah mereka yang lebih suka bersenang-senang dari pada memikirkan pekerjaan. Biasanya tipe ini sangat bergantung pada orang tua mereka yang kaya raya.

Di Indonesia juga banyak tipe-tipe pengangguran seperti ini, tapi  buruknya ketika orang tua mereka tiada, mereka akan sangat kewalahan dalam menjalankan hidup.

2. Hikikomori kata

Tipe yang satu ini, biasanya mereka lebih suka mengurung diri daripada bersosialisasi dengan lingkungan luar atau anti-sosial. Biasanya mereka juga suka menghabiskan waktunya untuk bermain game atau internet di dalam kamar.

Jika kita lihat di film anime, orang-orang Hikikomori adalah korban dari bullying teman-teman mereka saat sekolah. Mungkin, bisa jadi ini bukan keinginan mereka ya!

3. Tachisukumu kata

Tipe tachisukumu adalah tipe yang masih memikirkan soal pekerjaan dan masih bimbang tentang nasibnya di masa depan. Nah, tipe ini rata-rata mereka yang telah dan baru lulus dari perguruan tinggi.

Kalau di Indonesia sendiri, tipe-tipe ini memang banyak, mereka yang baru lulus dan harus bersaing dengan orang-orang yang sudah memiliki pengalaman bekerja yang hebat. Memang sangat sulit ya mencari pekerjaan.

4. Tsumazu kata

Tipe NEET yang ini adalah orang yang sebelumnya pernah mencoba membuka usaha. Namun, karena mereka mengalami kegagalan, kemudian depresi, trauma dan kena mental akhirnya mereka memutuskan untuk tidak lagi bekerja. Namun, jangan sampai jadi beban keluarga juga ya.

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI