Sukabumi Update

5 Tips Membersihkan Tabung Mesin Cuci yang Tepat Agar Tidak Cepat Rusak

SUKABUMIUPDATE.com - Terkadang setelah memcuci baju menggunakan mesin cuci ada saja baju yang tidak bersih dan ada yang mengeluarkan abu apek.

Hal tersebut dapat disebabkan oleh tabung mesin cuci yang sering kamu gunakan tapi tidak pernah kamu bersihkan.

Sama halnya peralatan elektronik lain, tabung mesin cuci juga memerlukan perawatan dan pembersihan secara rutin supaya bisa bekerja secara optimal.

photoIlustrasi Menggunakan Mesin Cuci - (Unplash.com)</span

Dilansir dari suara.com, berikut lima tips membersihkan tabung mesin cuci yang tepat agar mesin cuci tidak cepat rusak.

Baca Juga :

1. Bilas Tabung Setelah Mencuci

Tips merawat tabung mesin cuci yang pertama adalah selalu memastikan mereka berada dalam kondisi bersih. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencuci tabung mesin cuci usai digunakan.

Caranya, masukkan air bersih ke dalam tabung, kemudian atur ke mode cleaning, dengan begitu sisa kotoran dan detergen dapat dibilas sampai bersih dan tidak meninggalkan sisa.

2. Membersikan Tabung dengan Baking Soda

Pada bagian yang sudah terlihat sangat kotor hingga timbul kerak, terutama di bagian tepi, bersihkan tabung mesin cuci dengan bantuan baking soda.

Cara membersihkan mesin cuci dua tabung dengan baking soda adalah, masukkan setengah cangkir baking soda dengan campuran air hingga level tertinggi mesin cuci.

Setelah itu, nyalakan mesin dan bilas selama 10 menit. Ketika air sudah terlihat keruh, biarkan tabung mesin cuci tetap terisi baking soda supaya kotoran yang masih menempel ikut rontok. Setidaknya, diamkan selama maksimal 3 jam.

Sementara itu, untuk tabung dryer cukup bersihkan secara manual dengan membilas sisi luar dengan larutan baking soda.

3. Lap Bagian Dalam Mesin Cuci

Setelah membersihkan bagian dalam tabung mesin cuci, jangan lupa untuk mengelap bagian dalam dan mengeringkannya supaya tidak ada jamur yang tumbuh.

Gunakan kain yang lembut, seperti microfiber untuk mengeringkan bagian dalam. Selain itu, biarkan bagian atas mesin cuci tetap terbuka untuk mempercepat proses pengeringan.

4. Rutin Membersihkan Penyaring

Selain pada bagian tabung, kamu juga harus membersihkan penyaring atau filter mesin cuci, karena disinilah banyak kotoran bekas cucian yang tertinggal.

Filter mesin cuci biasanya bisa dilepas, sehingga kamu bisa membersihkan lebih leluasa. Setidaknya, bersihkan filter mesin cuci satu kali dalam seminggu atau ketika sudah terlalu sering menggunakan mesin cuci. 

Jangan lupa gunakan campuran cuka dan baking soda untuk membersihkan sisa kotoran membandel.

5. Gunakan Deterjen yang Tepat

Salah satu penyebab tabung mesin cuci cepat bau apek adalah pemilihan detergen yang kurang tepat. 

Kesalahan pemilihan detergen ini juga bisa membuat banyaknya sisa sabun yang menempel pada tabung dan tersangkut pada bagian filter.

Jadi, pastikan tidak hanya memilih detergen yang memiliki bau harum, namun juga yang mudah larut dan sudah diformulasikan khusus untuk mesin cuci dua tabung.

Demikian informasi mengenai tips membersihkan tabung mesin cuci, selamat mencoba dan semoga membantu.

source: suara.com

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI