Sukabumi Update

5 Jenis Ikan Cupang Cantik, untuk Dipelihara

SUKABUMIUPDATE.com - Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki bentuk yang cantik dan segar dipandang mata. 

Kamu dapat menjadikan ikan cupang sebagai peliharaan yang bisa kamu rawat dirumah untuk mengisi waktu luang di masa pademi ini.

Hewan cantik ini dapat meningkatkan suasana hati, sehingga kamu bisa lebih semangat beraktivitas di rumah.

Melansir dari halodoc.com, inilah lima jenis ikan cupang cantik yang bisa menjadi pilihan mu.

Baca Juga :

1. Butterfly

photoIlustrasi Green Butterfly - (via: diapteron.co.uk)</span

Jika kamu lebih menyukai warna daripada bentuk, jenis butterfly dengan pola kupu-kupu dapat kamu jadikan pilihan sebagai hewan peliharaan dirumah.

Ikan ini memiliki satu warna tubuh yang memanjang ke dasar sirip. Warnanya kemudian berhenti di garis yang jelas dan siripnya yang lain berwarna pucat atau tembus cahaya.

Pembagian warna pada sirip terbagi menjadi 2 bagian tepat ditengah, sehingga terlihat ada dua warna yang berbeda pada tubuh ikan cupang tersebut.

2. Half Moon

photoIlustrasi Half Moon - (Freepik)</span

Ikan cupang jenis ini memiliki sirip menyerupai setengah bulan dengan karakteristik derajatnya mencapai 180 menyerupai huruf D.

Sirip punggung dan buntutnya juga lebih besar dari rata-rata ikan cupang lainnya. Walaupun begitu ikan cupang jenis ini rentan mengalami kerusakan pada bagian ekor.

3. Plakat

photoIlustrasi Plakat - (via: buildyouraquarium.com)</span

Jenis ikan cupang lainnya yang cocok untuk dipelihara dirumah yaitu plakat. Ikan Cupang jenis ini memiliki ekor pendek yang bentuknya lebih dekat dengan yang ditemukan di alam liar.

Karena adanya pembiakan selektif, mengakibatkan ikan ini memiliki 2 jenis yang berbeda, yaitu bulan sabit dan ekor mahkota. 

Jenis bulan sabit sedikit mirip dengan half moon, sedangkan ekor mahkota memiliki jari-jari memanjang menyerupai mahkota namun ekornya pendek.

4. Spadetail

photoIlustrasi Spadetail - (via: commons.wikimedia.org)</span

Ikan cupang jenis spadetail disebut juga dengan ekor sekop. Ikan ini memiliki ekor bundarnya menyerupai sekop yang ada di kartu remi. 

Penyebaran ekor sekop ini harus merata di kedua sisi ekor, jika tidak kemungkinan masuk ke jenis ikan cupang lainnya.

5. Multicolored

photoIlustrasi Multicolored - (Pinterest)</span

Jenis ikan cupang yang cantik selanjutnya adalah multicolored atau berwarna-warni. Hal ini dapat dilihat dari warna yang ada pada tubuhnya memiliki tiga warna atau lebih, dan tidak sama dengan jenis ikan cupang yang lain. 

Intinya, jika warna pada tubuh ikan cupang lebih dari tiga, maka ikan tersebut masuk dalam kategori multicolored.

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI