Sukabumi Update

5 Negara yang Tak Boleh Rayakan Hari Valentine, Termasuk Indonesia

SUKABUMIUPDATE.com - Merayakan hari valentine setiap tahun sudah sangat umum di kalangan masyarakat. Hari yang dikenal sebagai hari kasih sayang tersebut awalnya dimual sebagai hari raya kristen untuk menghormati martir Kristen dengan nama St. Valentine. 

photoIlustrasi Pasangan Merayakan Hari Kasih Sayang - (pexels.com)</span

Namun ternyata, merayakan hari kasih sayang yang identik dengan coklat dan bunga ini dilarang di beberapa negara lho.

Melansir dari suara.com, inilah lima daftar negara yang tidak boleh merayakan hari kasih sayang.

Baca Juga :

1. Indonesia

Sebenarnya, aturan perayaan hari Valentine di Indonesia masih ambigu, namun dikarenakan latar belakang negara dengan penduduk mayoritas muslim dan beberapa kelompok radikal membuat larangan skala kecil untuk tidak merayakan hari kasih sayang. 

2. Pakistan

Seorang warga negara Pakistan bernama Abdul Waheed pernah mengajukan petisi ke Pengadilan Tinggi di Islamabad untuk melarang hari Valentine dengan alasan impor budaya Barat yang bertentangan dengan ajaran Islam. 

3. Iran

Negara yang melarang Valentine berikutnya adalah Iran. Pada tahun 2011, pemerintah Iran melarang produksi semua barang dan hadiah yang berkaitan dengan Hari Valentine.

Iran juga tidak mengizinkan promosi hari apa pun yang berkaitan dengan perayaan cinta romantis karena dianggap penyebaran budaya Barat. Pemerintah Iran juga mengatur agar pasangan yang belum menikah dilarang berbaur satu sama lain.

4. Uzbekistan

Sejak tahun 2012, pemerintah Uzbekistan memandang redup terhadap pengaruh budaya dan hiburan asing. Departemen Pencerahan dan Promosi Nilai Kementerian Pendidikan mengeluarkan keputusan internal yang melarang perayaan hari libur yang “asing bagi budaya kita.”

Daripada merayakan Hari Valentine pada tanggal 14 Februari, Uzbekistan lebih memilih memperingati hari lain yang penting bagi bangsa mereka. Mereka mempromosikan perayaan dan resital pahlawan nasional mereka, Babur, Kaisar Mughal dan keturunan Jenghis Khan yang ulang tahunnya jatuh pada 14 Februari. 

5. Arab Saudi

Negara ini melarang penjualan barang-barang yang berhubungan dengan perayaan hari Valentine seperti mawar merah. 

Polisi agama akan berkeliaran di jalanan pada Hari Valentine, pergi dari toko ke toko dan menyita apa pun yang mereka anggap berhubungan dengan Hari Valentine, menangkap dan menghukum semua orang yang melanggar hukum. Itu berlaku untuk penduduk lokal dan asing.

Itulah daftar lima negara yang melarang perayaan Hari Valentine tanggal 14 Februari. Apakah kamu termasuk orang yang merayakan Valentine atau tidak?

source: suara.com

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI