Sukabumi Update

3 Tips Menghindari Pohon Tumbang Agar Tidak Menimbulkan Petaka

SUKABUMIUPDATE.com - Cuaca ekstrim seperti yang terjadi akhir-akhir ini dapat menimbulkan risiko bahaya, salah satunya bahaya pohon tumbang.

Tak jarang pohon tumbang menyebabkan kerugian yang tidak sedikit bahkan pada beberapa kasus hingga menyebabkan korban jiwa.

Saat cuaca ekstrim seperti sekarang, selalu berhati-hati terutama saat melintas atau berada di bawah pohon memang harus dilakukan.

Namun, harus juga melakukan upaya pencegahan dan menghindari pohon tumbang untuk meminimalkan risiko yang dapat disebabkan.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari pohon tumbang.

1. Lakukan Pengecekan Pohon

photo(Ilustrasi) Pohon tumbang - (Pixabay PublicDomainPictures)</span

Melakukan pengecekan pohon perlu dilakukan terutama saat sering terjadi cuaca ekstrim seperti sekarang. Lakukan pengecekan pada pohon-pohon disekitar lingkungan kamu tinggal. Perhatikan apakah pohon tersebut rawan tumbang atau tidak.

Pohon yang rawan tumbang bisa terlihat dari batang pohon yang rapuh, batang pohon berongga, posisi pohon yang tidak lagi tegak. Jika ditemukan ciri-ciri pohon yang mudah tumbang, lebih baik menebang pohon tersebut agar tidak membahayakan.

Baca Juga :

2. Pemangkasan Batang dan Ranting

photo(Ilustrasi) Pohon dengan batang dan daun yang lebat - (Pexels pixabay)</span

Melakukan pemangkasan pada batang atau ranting pohon yang terlalu lebat bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari pohon tumbang saat cuaca ekstrim.

Kebanyakan pohon tumbang diakibatkan karena tidak mampu menahan tiupan angin karena memiliki dahan dengan daun yang begitu lebat.

Karena itu, bisa dilakukan pemangkasan pada dahan yang berpotensi patah atau memiliki daun terlalu lebat.

3. Pantau Keadaan Cuaca

photo(Ilustrasi) Cuaca - (Pixabay Nordseher)</span

Langkah selanjutnya untuk menghindari pohon tumbang yaitu dengan  memantau keadaan cuaca yang terjadi.

Kamu bisa melihat prakiraan cuaca dari BMKG atau melihat kondisi awan pada hari itu untuk mengetahui seandainya berpotensi terjadi hujan bahkan angin.

Jika ada potensi angin kencang, upayakan untuk meninggalkan lokasi tersebut dan berlindung ke tempat yang lebih aman.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI