Sukabumi Update

4 Jenis Musik yang Cocok Didengarkan Saat Belajar

SUKABUMIUPDATE.com - Musik merupakan salah satu hal yang memiliki manfaat saat mendengarkannya, mulai dari meningkatkan fokus saat belajar hingga dapat mengatasi stress.

Bagian sebagian orang, musik memang dapat membantu berkonsentrasi dalam belajar. Namun sayangnya jika kamu memilih jenis musik yang salah waktu belajarmu akan terganggu dan berisiko menurunkan daya ingat serta menurunkan kemampuan dalam memahami materi.

photoIlustrasi Mendengarkan Musik sambil Belajar - (iStock)</span

Jadi, dibawah ini kami bagikan empat jenis musik yang cocok didengarkan saat belajar seperti dilansir dari beberapa sumber.

Baca Juga :

1. Musik Klasik

Saat kamu belajar, musik klasik merupakan musik yang sangat cocok didengarkan. Hal tersebut dikarenakan genre musik ini memiliki nada serta melodi yang lembut, sehigga tidak akan mengganggu konsentrasi belajarmu.

Selain tidak akan mengganggu konsentrasi mu, dalam sebuah penelitian juga mengatakan jika dengan mendengarkan musik klasik saat kamu belajar justru akan meningkatkan daya ingat.

Dalam penelitian tersebut, orang yang membaca sambil mendengarkan musik klasik akan lebih mampu mengingat isi bacaannya.

2. Musik Instrumental

photoIlustrasi Fokus Belajar - (iStock)</span

Walaupun nada serta melodinya tidak selembut musik klasik, tapi musik instrumental juga dapat kamu dengarkan saat belajar.

Pasalnya, dalam jenis musik ini tidak ada lirik yang dapat mendistrasksi mu dari bacaan atau ateri yangs edang kamu pelajari.

Namun, kamu harus memperhatikan tempo dari musik instrumental yang akan kamu dengarkan. Pilihlah musik instrumental dengan tempo yang lambat agar konsentrasi mu saat belajar tetap terjaga.

3. Rekaman Suara Alam

Jika musik klasik dan musik instrumental terasa tidak cocok untuk mu jika didengarkan saat belajar, kamu dapat mencoba mendengarkan rekaman suara alam yang lembut.

Rekaman suara alam dipercaya dapat membuat seseorang lebih rileks, sehingga waktu belajar terasa lebih menyenangkan.

Contoh suara alam yang dapat kamu dengarkans eperti suara hujan, ombak, gemerisik daun, aliran sungai hingga kicauan burung.

4. White Noise

White noise merupakan suara yang frekuensinya terdengar sangat stabil atau konsisten sehingga dapat meredam kebisingan di sekitar mu.

Sebuah studi juga menunjukan bahwa dengan mendengarkan white noise saat belajar dapat membantu mempertahankan fokus serta meningkatkan daya ingat.

Jika kamu bertanya apa itu white noise, contoh sederhana adalah suara dari benda benda yang ada di sekitarmu seperti, suara kipas angin, dengungan AC dan radio statis.

Namun selain jenis musik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu dapat fokus dan berkonsentrasi saat belajar sambil mendengarkan musik, diantaranya yaitu:

  • Putarlah musik dengan volume rendah
  • Dengarkan musik yang tidak terlalu kamu sukai
  • Hindarilah lagu yang iramanya berubah-ubah
  • Gunakan platform online yang bebas iklan

Nah mulai sekarang, kamu dapat mencoba mendengarkan beberapa jenis musi diatas agar kamu bisa lebih fokus dan berkonsentrasi waktu belajar. 

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI