Sukabumi Update

2 Cara untuk Mencegah Anak Kecanduan Gadget

SUKABUMIUPDATE.com - Kemajuan dari ilmu pengetahuan dan Teknologi melahirkan gadget atau ponsel pintar sebagai salah satu sarana pendidikan.

Apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini, sekolah online bertumpu pada gadget yang dapat mengakibatkan perubahan serta pertumbuhan pendidikan ke arah yang lebih modern dari sebelumnya.

Dan hal tersebut dapat membuat permasalahan serta tuntutan kepada orang tua untuk mengawasi anak-anak mereka agar tidak kecanduan pada gadget.

photoIlustrasi Anak Mendengarkan Lagu - (Freepik)</span

Karena tidak sedikit anak yang menyalahgunakan gadget hanya untuk sarana bermain game, menonton YouTube, menggunakan sosial media seperti Instagram atau Tiktok dan sebagainya.

Untuk itu penting bagi orang tua untuk mengontrol atau mencegah hal negatif tersebut, dengan cara berikut ini:

1. Memberikan Batasan untuk Anak Saat Menggunakan Gadget

photoIlustrasi Anak Bermain Ponsel dalam Keadaan Gelap - (Freepik)</span

Cara yang pertama yaitu batasi penggunaan gadget pada anak. Karena jika tidak dibatasi anak akan keasyikan bermain ponsel sehingga efek yang sangat berbahaya adalah menyebabkan anak kecanduan menggunakan atau bermain gadget.

Contoh sederhananya yaitu berilah waktu sekitar 3 - 4 jam per harinya untuk memakai ponsel atau jika sekolah masih online berilah waktu pada anak menggunakan gadget hanya pada jam sekolah saja.

Pembatasan tersebut berguna agar si anak melakukan kegiatan sosial di sekitar agar tidak menyendiri dan mengenal kehidupan masyarakat.

2. Berilah Pemahaman Tentang Bahayanya Bermain Gadget

photoIlustrasi Anak Bermain Gadget - (Freepik)</span

Jika anak sudah mengenal batasan bermain gadget, orang tua tidak perlu bersusah payah lagi untuk mengontrol mereka. 

Karena dengan begitu anak akan tau kapan harus berhenti dan kapan dia harus menggunakan gadget tersebut.

Awalnya orang tua harus memberikan penjelasan pada anak hal-hal apa saja yang dilarang dalam agama maupun norma sosial yang terdapat pada internet maupun media sosial.

Karena saat bermain media sosial anak tidak akan mengetahui batasannya, oleh sebab itu lah orang tua wajib memberikan pemahaman yang jelas agar anak paham kenapa mereka harus mengontrol diri saat bermain gadget.

Itulah dua cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menghindari anak kecanduan gadget sehingga mengetahui bagaimana cara memakainya dengan bijak.

Namun orang tua juga harus mengenalkan anak pada perkembangan teknologi agar anak tidak ketinggalan zaman atau buta akan teknologi.

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI