Sukabumi Update

4 Tips untuk Mengatasi Tubuh Lemas saat Puasa

SUKABUMIUPDATE.com - Saat menjalani puasa, biasanya pada siang hari tubuh menjadi lemas dan lesu. Hal itu dikarenakan rasa lapar serta haus yang semakin meningkat.

Dan hal tersebut juga dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh menurun sehingga tubuh menjadi semakin lemas dan lesu.

Tapi kamu tidak perlu khawatir lagi, karena kami akan membagikan tips agar tubuh tidak lemas dan lesu saat menjalani puasa, seperti dilansir dari suara.com.

1. Berolahraga

photoIlustrasi Olahraga - (Freepik)</span

Olahraga teratur itu sangat penting, baik sedang berpuasa maupun tidak. Jika kamu melakukan olahraga dengan benar, tubuh kamu tidak akan lelah, tapi justru berguna untuk memberi energi.

Kamu bisa jadwalkan sejumlah olahraga ringan dalam rutinitas Ramadan. Misalnya berjalan kaki usai sahur, ini tentunya berguna untuk meningkatkan energi.

2. Tingkatkan Pernapasan

photoIlustrasi Tingkatkan Pernapasan - (Freepik)</span

Salah satu tips untuk menghindari lemas saat sedang berpuasa, adalah meningkatkan pernapasan.

Caranya cukup mudah, cobalah menarik napas panjang melalui hidung, kemudian buang perlahan-lahan dari mulut. 

Tips tersebut mungkin terdengar sangat sepele, namun aktivitas ini mempu meningkatkan kekuatan tubuh, sehingga dapat mengurangi rasa lemas dan lesu.

3. Tidur Cukup

photoIlustrasi Tidur - (Freepik)</span

Saat puasa di bulan Ramadan, setiap muslim diharuskan bangun sebelum subuh untuk bersantap sahur. Ini mungkin sedikit merusak kebiasaan waktu jam tidur kamu.

Oleh karena itu, sebaiknya di bulan ramadan kamu menghilangkan kebiasaan begadang. Sebab, waktu tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak menyebabkan tubuh jadi cepat lelah dan lemas. Setidaknya, cobalah tidur 8 jam.

4. Mengalihkan Fokus dari Rasa Lapar dan Lelah

photoIlustrasi Mengalihkan Fokus dengan Menulis - (Freepik)</span

Tips berikutnya untuk menghindari rasa lemas dan lelah saat berpuasa yaitu alihkan fokus kamu. Jika kamu mulai merasa lelah atau lapar, coba alihkan fokus dari hal tersebut ke hal lainnya. 

Misalnya, kamu dapat fokuskan pikiranmu dengan menulis atau kegiatan-kegiatan lainnya yang membuat fokus kamu tidak lagi pada makanan atau rasa lelah. 

Demikian informasi mengenai tips menghindari tubuh lemas saat berpuasa. kamu  juga bisa mencoba cara lainnya, salah satunya pastikan agar diri kamu tetap sibuk. Semoga informasi ini bermanfaat. Dan selamat menjalankan ibadah puasa updaters!

Baca Juga :

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI