Sukabumi Update

Banyak yang Masih Bingung, Ini Bedanya Kopi Arabika dan Robusta

SUKABUMIUPDATE.com - Kopi memiliki banyak jenis dan yang paling terkenal yaitu kopi robusta dan arabika. Keduanya sangat populer hampir di seluruh dunia.

Kita pasti sering mendengar dua istilah kopi tersebut, namun banyak yang belum tahu apa beda dari dua jenis kopi itu.

Untuk mengetahuinya, simak penjelasannya berikut ini seperti dikutip dari Suara.com.

Baca Juga :

1. Daerah Asal

Ada perbedaan besar dalam budidaya varietas kopi ini. Di satu sisi kopi Arabica dibudidayakan di daerah tropis sedangkan Robusta merupakan varietas kopi yang paling banyak dibudidayakan sehingga kopi instan yang paling banyak adalah Robusta. Tanaman kopi Arabika menghasilkan buah yang rapuh, yang rentan terhadap serangga. Di sisi lain, kopi Robusta menghasilkan buah keras yang tidak terpengaruh oleh serangga.

2. Kandungan Kafein

Biji Robusta memiliki kandungan kafein 2,7 persen yang memiliki rasa pahit, ini dua kali lipat jumlah kafein dalam Arabika yaitu sekitar 1,5 persen. Inilah alasan mengapa Robusta banyak digunakan sebagai kopi siap minum yang memberikan dorongan energi secara instan. Sedangkan Arabika memiliki rasa dan aroma yang lembut, yang memberikan rasa yang kaya pada campuran dan kurang pahit.

photoIlustrasi Bubuk Kopi - (iStock)</span

3. Cita Rasa

Salah satu ciri khas yang membuat setiap jenis kopi berbeda adalah rasa dan rasanya. Robusta memiliki sedikit rasa kenyal, bersahaja dan rasa terbakar sedangkan Arabika memiliki sentuhan yang lebih aromatik dan halus dalam hal rasa dan juga rasa.

4. Kandungan Gula

Kopi arabika mengandung sekitar 60 persen lebih banyak lipid, yang merupakan dua kali konsentrasi gula daripada Robusta. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa rasa kopi Arabika sedikit lebih manis daripada Robusta.

5. Kandungan Antioksidan

Kopi secara alami kaya akan antioksidan yang juga dikenal sebagai asam klorogenat, yang membantu mencegah hama dan serangga yang sering memengaruhi rasanya. Kopi robusta mengandung kadar asam yang lebih tinggi dibandingkan dengan Arabika.

Sumber: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI