Sukabumi Update

Tiga Amalan yang Dapat Dilakukan Jika Sering Tidak Khusyuk Saat Salat

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak sekali penyebab tidak dapat khusyuk saat salat. Salah satunya yaitu karena kita memikirkan hal-hal duniawi seperti pekerjaan, makanan, dan kesibukan lainnya.

Khusyuk dalam beribadah memang bukan hal mudah. Said Hawwa (w. 1989 M) dalam al-Mushtakhlash fi Tazkiyat al-Anfus (h. 33), menjelaskan sebuah hadits yang dikeluarkan oleh Imam at-Thabrani (w.360 H). Berikut haditsnya yang dilansir oleh suara.com dari Islami.co.

“Ilmu yang pertama kali diangkat dari muka bumi adalah khusyuk.”

photoIlustasi Salat - (Freepik)</span

Meski sulit untuk menerapkan khusyuk, bukan berarti tidak bisa diraih pada saat sedang salat. Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan agar salat tetap khusyuk. Berikut penjelasannya.

Baca Juga :

1. Zuhud Terhadap Dunia

Seperti yang dijelaskan, urusan dunia seringkali dapat membuat seseorang sulit khusyuk pada saat sedang salat.

Terkait hal tersebut, sebuah ceramah dari Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A mengatakan, ketika seseorang bertakbiratul ihram dan mengucap takbir, mereka juga harus menanamkan dalam hatinya bahwa tidak ada urusan yang lebih besar kecuali menyembah Allah SWT.

2. Memperbanyak Mengingat Allah SWT Saat Salat

Cara kedua yang bisa dilakukan agar tetap khusyuk saat salat adalah, dengan memperbanyak mengingat Allah SWT. Salah satunya yakni menghayati bacaan-bacaan termasuk ayat yang sedang dibaca saat salat.

3. Menjaga Wudhu

Menjaga wudhu dapat menjadi cara terakhir agar salat tetap khusyuk. Menurut Ibn ‘Ajibah, hal ini juga tidak kalah penting karena kesucian badan seseorang, memiliki keterkaitan dengan kesucian batin.

Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A mengatakan, bahwa kekhusyukan dalam sholat harus dimulai sejak saat kita berwudhu.

Beliau mencontohkan, ketika membasuh wajah niatkan juga membasuh wajah hati, demikian juga membasuh anggota wudhu lainnya.

Itulah tiga cara agar salat Anda khusyuk. Semoga penjelasan ini bermanfaat buat Anda ya! Selamat menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI