Sukabumi Update

Tidak Hanya Takbiran Lebaran, Ini 5 Amalan Sunnah Idulfitri

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah satu bulan penuh berpuasa Ramadan, umat Islam akan bertemu dengan lebaran atau Hari Raya Idulfitri 1 Syawal. Lalu apa saja amalan sunnah Idulfitri yang dapat dikerjakan?

Berikut amalan sunnah Idulfitri yang dapat dilaksanakan pada saat lebaran 2022:

1. Memperbanyak Mengucapkan Takbir

Amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan adalah memperbanyak mengucapkan takbir. Mengucapkan takbir bahkan sudah dimulai sejak malam sebelum Idulfitri.

Di Indonesia, aktivitas ini sering kali disebut sebagai takbiran. Takbiran biasanya diisi dengan pawai berkeliling yang dimulai sejak malam sebelum shalat Idulfitri.

2. Mandi sebelum Salat Idulfitri

Mandi merupakan salah satu sunnah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW sebelum melaksanakan sholat Idulfitri. Hal ini sebagaimana sabdanya dalam sebuah hadist berikut ini.

"Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, 'Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha."  (HR. Ibnu Majah)

3. Menggunakan Pakaian Terbaik dan Parfum

Rasulullah SAW senantiasa mengenakan pakaian terbaiknya ketika Idulfitri. Sementara itu, Rasulullah SAW juga memakai wewangian. Hal ini sebagaimana tercantum dalam sebuah hadist:

“Dari Ali bin Abi Thalib RA, bahwa: Rasulullah SAW memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya." (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak).

4. Makan sebelum Salat Idulfitri

Rasulullah SAW selalu menyempatkan diri untuk makan sebelum bergegas untuk melaksanakan salat Idulitri. Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Idul Adha sampai dia sholat dulu." (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Ahmad)

5. Mengucapkan Selamat

Pada saat Idulfitri, Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk mengucapkan selamat saat bertemu sanak saudara dengan doa “Taqabbalallahu minna wa minkum” yang berarti semoga Allah SWT menerima amalan kami dan kalian.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI