Sukabumi Update

4 Tips Mencegah Dehidrasi saat Cuaca Panas Seperti Beberapa Hari Terakhir

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa hari terakhir beberapa wilayah mengalami cuaca panas yang tidak biasa sehingga sangat rentan menyebabkan dehidrasi pada tubuh.

Menurut BMKG, cuaca panas dibeberapa wilayah ini disebabkan oleh posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau, dimana tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya akan sangat berkurang, sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.

Baca Juga :

Mengutip dari Tempo.co, untuk mencegah dehidrasi ada beberapa jenis minuman yang baik dikonsumsi di tengah cuaca panas untuk mempertahankan banyak cadangan cairan pada tubuh dan mencegah dehidrasi menurut laman Taste of Home dan Epicurious.

1. Minum Banyak Air putih

photoIlustrasi minum air putih. - (Pixabay)</span

Air putih memang sangat baik bagi tubuh. Selain meningkatkan konsentrasi dan menjaga kesehatan kulit dan mulut, air juga bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi. Disarankan untuk minum air putih delapan gelas sehari.

2. Konsumsi Air Kelapa

photoIlustrasi Air Kelapa Hijau - (via superfoodevolution.com)</span

Air kelapa memiliki kandungan air 95 persen dan lebih baik dari jus buah. Minuman ini juga biasanya lebih sehat dari jus dalam hal kadar gula dan bahan tambahan lain.

Jadi, jika malas membuat jus atau tak memiliki alat untuk melakukannya, air kelapa yang diminum langsung dari buahnya bisa menjadi pengganti.

3. Minum Jus buah

photo(Ilustrasi) Jus buah - (Unplash Zlatko ?uri?)</span

Jus buah mengandung sekitar 85 persen air, yang membuatnya sangat optimal dalam menghidrasi tubuh. Namun, berhati-hatilah lantaran banyak jus buah yang mengandung tinggi gula.

Hal tersebut justru menghambat hidrasi. Sebagai alternatif, jangan minum jus kemasan namun buatlah sendiri di rumah tanpa gula tambahan.

4. Susu

photo(Ilustrasi) Susu. - (iStock)</span

Banyak orang berpikir susu memiliki kekentalan yang tinggi. Tak heran, susu dianggap cepat menyebabkan dehidrasi. Padahal, susu mengandung cairan yang bisa menjaga kelembaban tubuh.

Lebih dari itu, kalsium dan vitamin D pada susu juga membuat tetap bersemangat, bahkan pada saat cuaca panas.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI