Sukabumi Update

Keke Bukan Boneka Kini Dituduh Jiplak Lagu Papa T Bob

SUKABUMIUPDATE.com - Lagu Keke Bukan Boneka milik selebgram Rahmawati Putri Cantikka atau Kekeyi kembali disorot dan jadi perbincangan warganet. Setelah dianggap melanggar hak cipta karena punya kemiripan dengan lagu yang dinyanyikan Rinni Wulandari, Aku Bukan Boneka, Kekeyi kini disebut menjiplak lagu ciptaan Papa T Bob.

Lagu Keke Bukan Boneka kali ini dituding menjiplak lagu anak-anak lawas ciptaan Papa T. Bob berjudul Menulis di Atas Kertas yang dibawakan 5 Anak Centil. Banyak yang menilai lagu yang dirilis pada 1995 lebih memiliki banyak kemiripan dengan Keke Bukan Boneka ketimbang lagu milik Rinni Wulandari.

Kemiripan itu juga diakui oleh putra Papa T Bob, T bob Vargo. Lewat unggahannya di akun Instagramnya, Senin, 8 Juni 2020, Vargo menyentil lagu Kekeyi. "Belakangan ini jagad hiburan dihebohkan oleh sebuah lagu yang simple, dalam hitungan hari menjadi viral dan trending dengan views puluhan juta, namun di balik viralnya lagu tersebut ada beberapa pihak yang merasa dirugikan karena lagu tersebut terindikasi "menjiplak"," tulis Vargo.

Dalam unggahan itu Vargo juga menyertakan video obrolan dengan dua rekannya lengkap dengan cuplikan lagu Menulis di Atas Kertas yang menurutnya punya kemiripan dengan lagu Kekeyi di bagian reffrain. Vargo juga mengatakan sang ayah juga sudah mendengar lagu Kekeyi yang kini viral di mana-mana itu.

"Beliau merasa lagu viral tersebut sangat mirip dengan lagu ciptaannya di bagian reff," tulis Vargo.

Vargo berinisiatif membahas kemiripan Keke Bukan Boneka dengan lagu ciptaan ayahnya dan mengunggahnya di media sosial agar sampai ke pencipta lagu tersebut. "Agar dapat merespons penjelasan dari Papa T. Bob. Menurut para bozz bagaimana?" tulisnya lagi.

Lagu Keke Bukan Boneka langsung menjadi trending topik nomer 1 di Youtube begitu dirilis pada Jumat, 29 Mei 2020 di kanal YouTUbe milik Kekeyi.dan sempat bertengger cukup lama. Kurang dari 24 jam sejak diunggah di kanal Youtube Kekeyi, video musik lagu tersebut sudah ditonton lebih dari sejuta kali. Lagu ini bahkan mampu menggeser video klip Lady Gaga feat Blackpink berjudul Sour Candy dari puncak trending Youtube Indonesia.

Video musik lagu ini sempat dihapus Youtube karena dianggap melanggar hak cipta. Namun, belum 24 jam, video musik Keke Bukan Boneka kembali muncul di Youtube dan kembali bertengger di puncak trending YouTube Indonesia. Saat ini, video tersebut sudah ditonton hampir 30 juta kali.

sumber: tempo.co

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI