Sukabumi Update

Dilelang, Gitar Akustik Kurt Cobain Laku Rp 85 Miliar

SUKABUMIUPDATE.com - Gitar akustik yang dimainkan vokalis grup band Nirvana Kurt Cobain di acara MTV Unplugged pada 1993 ditawarkan di sebuah acara lelang di Loas Angeles, Amerika Serikat pada Sabtu, 20 Juni 2020 waktu setempat. Gitar Martin D-18E 1959 tersebut terjual dengan harga 6 juta dolar AS (lebih dari Rp 85 miliar).

Nilai yang didapat itu berhasil memecahkan rekor untuk gitar termahal yang pernah dijual sebelumnya yakni Stratocaster hitam milik David Gilmour dari Pink Floyd, yang dijual seharga 3,95 juta dolar AS (lebih dari Rp 56 miliar) tahun lalu.

Kurt Cobain menggunakan gitar ini di acara MTV Unplugged. Saat itu ia membawakan lagu klasik seperti Come As You Are, About A Girl, dan Dumb, serta beberapa lagu cover milik David Bowie. Pertunjukan ini dirilis setelah kematian Cobain sebagai album live, yang akhirnya mendapatkan Grammy pada 1996 untuk kategori penghargaan musik alternatif terbaik.

Menurut situs web Lelang Julien, pada hari menjelang pelelangan, gitar ini sudah menerima empat penawaran sebesar 1 juta dolar.

Pada Sabtu, ia menerima tiga tawaran tambahan. Salah satunya adalah yang memenangkannya dengan angka 6,01 juta dolar. Penawar yang menang adalah Peter Freedman, pendiri Rode Microphones, yang hadir di acara tersebut.

Gitar milik Kurt Cobain yang dilelang tersebut sudah termasuk case asli yang dihiasi dengan selebaran album Feel the Darkness milik Poison Idea pada 1990, satu paket yang berisi setengah senar gitar Martin, tiga picks dan tas beledu berisi sendok, garpu dan pisau.

 

Sumber: Tempo.co

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI