Sukabumi Update

Maling Beratribut Ojol Curi Kotak Amal Masjid Birrul Walidain Sukabumi, Pelaku Sisakan Receh

SUKABUMIUPDATE.com - Pencurian kotak amal terjadi di Masjid Birrul Walidain, Jalan Ciaul Pasir RT 003/017, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Selasa (30/7/2019) pagi. Aksi pencurian ini terekam kamera CCTV, pelakunya menggunakan atribut ojek online (ojol) Grab. 

Pelaku berhasil membawa kabur uang ratusan ribu di dalam kotak amal tersebut dan hanya meninggalkan uang receh. Pelaku beraksi dengan memanfaatkan situasi masjid yang sedang sepi dan saat itu marbot masjid sedang tidur. Dengan leluasa pelaku membongkar kotak amal lalu mengambil uangnya. Setelah berhasil, pelaku kabur.

BACA JUGA: Maling Kotak Amal Terekam CCTV di Sukabumi, Pelaku Ikut Shalat Namun Tengok Kanan-Kiri

Kejadian ini baru diketahui oleh marbot Masjid Birrul Walidain, Laode Mustofa, beberapa saat kemudian. 

"Setelah bangun, saya langsung ke kamar mandi untuk cuci muka, setalah cuci muka saya kaget kan mau bercermin ya, kok kotak amal pindah, setelah dicek ternyata uangnya sudah tidak ada hanya tinggal recehan saja," ungkap, Laode Mustofa.

Petugas keamanan, Ujang, mengatakan, pencurian kotak amal di masjid tersebut sudah terjadi lebih dari satu kali. Dia memperkirakan uang yang dicuri pelaku sekitar RP 300-400 ribu 

"Kejadian sudah yang ketiga kalinya. Perkiraan uang yang ada 300 ribu sampai 400 ribu lah," jelasnya.

BACA JUGA: Nekat Curi Kotak Amal di Parungkuda, Pelaku Beralasan untuk Kebutuhan Hidup Anak Istri

Sebelum kejadian ini, Ujang melihat dua orang tengah duduk di masjid tersebut. Dia mengungkapkan, kalau masjid tersebut kerap menjadi lokasi istirahat para ojek online. 

"Saya tidak curiga, karena masjid ini sudah biasa ada istirahat, termasuk ojek online, bahkan kita siapkan air minum di area masjid untuk yang beristirahat," ungkapnya. 

BACA JUGA: Empat Remaja Terekam CCTV Bongkar Kotak Amal di Kota Sukabumi

Peristiwa tersebut, kata Ujang disampaikan kepada kantor ojek online terkait, namun karena laporannya tidak disertai nomor polisi kendaraan yang digunakan sehingga cukup sulit untuk dideteksi.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI