Sukabumi Update

Spesialis Pencuri Komponen BTS di Sukabumi Incar Dua Modul Ini, Harganya Puluhan Juta!

SUKABUMIUPDATE.com - Polisi berhasil menangkap pria berinisial AS, pencuri komponen tower Base Transceiver Station atau BTS yang kerap beraksi di Sukabumi bersama komplotannya.

Ada dua komponen yang menjadi sasaran AS ini yaitu modul UBBP dan Base Band. Dua modul itu dicuri karena harganya bernilai puluhan juta. 

Manager Security Officer PT Putra Raya Telekomunikasi, Fredi Simangunsa mengatakan, harga UBBP sekitar Rp 10 juta dan Base Band Rp 60 juta. Kedua komponen itu pun tidak bisa dibeli di luar negeri.

BACA JUGA: Beraksi di Sukabumi, Polisi Tangkap Pencuri Komponen BTS Sinyal Handphone

"Kedua komponen itu tidak ada di Indonesia, kita membelinya ke luar negeri," tutur Fredi kepada sukabumiupdate.com, di Mapolsek Cibadak, Kamis (9/7/2020). 

AS dibekuk polisi pada Kamis (9/7/2020) dan penangkapannya berawal dari kecurigaan warga. Saat itu ada mobil yang masuk gang kemudian AS, pengemudinya turun dan meminta tukang ojek mengantarkannya ke daerah Lido, Cigombong, Kabupaten Bogor. 

AS juga meminta warga yang ada disana untuk membawa mobilnya dan mengikuti dari belakang, namun warga curiga dan melapor ke polisi. Sedangkan saat itu AS sudah pergi naik ojek ke arah Cicurug.

BACA JUGA: Selain Disegel, Warga Bakal Putuskan Jaringan Listrik Tower BTS di Desa Sirnasari Sukabumi

Polisi yang datang ke lokasi terparkirnya mobil itu kemudian memeriksa dan menemukan barang bukti berupa komponen BTS. Berbekal petunjuk warga, polisi melakukan pengejaran hingga pelaku ditangkap di gebang Tol Bocimi, di Cigomong, Bogor.

 Ternyata sebelum penangkapan ini, Fredi mengatakan sering mendapatkan laporan dari petugas bahwa komponen BTS yang berada di wilayah Sukabumi sering hilang. 

"Daerah sini sudah banyak yang kehilangan, hampir tiap hari ada pencurian," ujarnya. 

BACA JUGA: Merusak Televisi, Tower BTS Disegel Warga di Desa Sirnasari Sukabumi

Atas laporan itu, pihaknya melakukan patroli. Saat itu ketika melakukan patroli BTS di daerah Lembursitu, Kota Sukabumi, petugas patroli mendapatkan sebuah mobil yang mencurigakan. Petugas patroli lalu melakukan pengejaran dan ketika di daerah Cibadak kehilangan jejak mobil tersebut.

Hingga polisi berhasil menangkap pelaku. 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI