Sukabumi Update

Garuda dan Soekarno, Karya Pemuda Cisarua Kadudampit Sukabumi untuk Indonesia

BALEWARGA - Terus berkarya demi Indonesia. Itulah semangat para pemuda kreatif di Kampung Cisarua Desa Sukamanis Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi dengan ragam karya lukisan temboknya. 

Tahun 2022 ini, mereka kembali menyajikan imajinasi gambar-gambar bertema kemerdekaan. Lokasinya di tembok samping rumah warga di RT 09/02 sebelah lapangan pinggir jalan Cisarua yang akan digunakan sebagai lokasi berbagai acara Perayaan HUT RI Ke-77, 17 Agustus 2022 mendatang.

Tiga hari tiga malam, para pemuda mengerjakan lukisan tembok dengan dimensi 9 kali 6 meter tersebut. "Tahun ini kami memilih tema Garuda dan Soekarno dengan balutan warna merah dan putih," ucap Gungun Gumilar, juru bicara pemuda kampung Cisarua, Senin 15 Agustus 2022.

Bukan tanpa alasan, kita mengambil tema gambar  soekarno dan burung garuda untuk tema lukisan tembok pada HUT RI kali ini, sambung pria berusia 27 tahun ini. Soekarno adalah salah satu icon pahlawan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, diantara banyak figur lainnya yang ikut berjuang demi lepas dari belenggu penjajahan. 

Baca Juga :

"Burung garuda adalah lambang negara pancasila yang di dalamnya terdapat semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua," beber Gungun.

Dengan memilih dua karakter ini, para pemuda Cisarua berharap lukisan HUT RI ke 77 kali ini menguatkan pesan 'Jangan lupa sejarah para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan indonesia dengan semangat pemuda yang berbeda karakter tetapi bersatu, kompak tanpa melihat perbedaan satu sama lain demi satu tujuan menjaga kemerdekaan yang telah ada dan diberikan oleh para pahlawan'.

photoGambar lukis tembok karya pemuda Cisarua Desa Sukamanis Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi sambut HUT RI - (istimewa)</span

"Dana yang dihabiskan hanya tersebut untuk beli cat saja yaitu sebesar Rp. 650.000. Dari uang kas pemuda dan donatur warga sekitar, gambar tersebut selesai dengan durasi pengecatan 3 hari 3 malam kerja non stop," ungkap Gungun.

Lukisan gambar ini memiliki skala 1:10, dibuat untuk kepentingan background foto warga agar lebih antusias menghadiri dan ikut memeriahkan acara HUT RI Ke-77 pada tanggal 17 agustus 2022 mendatang.

Baca Juga :

Peringatan Hari Besar Nasional atau PHBN adalah salah satu Agenda tahunan pemuda Cisarua Desa Sukamanis Kadudampit Kabupaten Sukabumi, untuk berkarya. Dengan tema gerakan 'GIAT PEMUDA CISARUA', tahun ini akan diadakan banyak perlombaan. 

Rencananya akan dilangsungkan 12 perlombaan menarik untuk warga dan diakhiri dengan hiburan malam. Dimulai pada jam 08.00-22.00 WIB, pada 17 Agustus 2022 mendatang. 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI