Sukabumi Update

Pentingnya Pendidikan Fasilitator Untuk Kaderisasi PMII

SUKABUMIUPDATE.com - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kota Sukabumi pada Jumat-Minggu (19-21/7/2018) lalu menggelar pelatihan fasilitator dengan tema "Meningkatkan efisiensi dan efektifitas Kaderisasi PMII" dalam bentuk dialog.

Pembukaan dihadiri oleh Ketua Mabincab PMII Kota Sukabumi, kang Havidz Sutansyah, para senior dan alumni PMII serta para peserta yang diundang oleh panitia pelaksana dan diikuti empat komisariat defenitif, diantaranya komisariat STKIP-PGRI, STAIS, Nusa Putra dan Syamsul Ulum.

Pelatihan tersebut diprioritaskan untuk pengurus komisariat dengan perwakilan komisariat masing-masing lima orang. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap kaderisasi di PMII. Selain itu, para peserta dituntun untuk mampu dan cakap menjadi seorang fasilitator baik dalam kegiatan yang dilakukan oleh komisariatnya masing masing. Baik pendidikan formal, non formal dan informal.

Dalam pelatihan fasilitator ini, banyak sekali materi yang disampaikan, diantaranya materi muatan ideologi keislaman-keindonesiaan dan kebangsaan, muatan teknisnya seperti teknik implementasi kegiatan, teknik evaluasi follow up dan teknik pengorganisiran dan perencanaan kegiatan. Karena tujuannya seorang fasilitator itu harus mampu menkontruksi berfikir dialektis, pragmatis dan filosofis.

Selain itupun fasilitator harus mampu mengorganisir berbagai kegiatan, kecakapan dan terampil dalam mengondisikan diskusi, serta peka terhadap realitas sosial dan mempunyai jiwa percaya diri, humoris serta mampu menguasai materi diberbagai kegiatan.

Seorang fasilitator harus bisa menguasi forum-forum diskusi dalam kegiatan dan pelatihan yang lainnya. RTL dari pelatihan ini peserta harus mampu melaksanakan kegiatan di komisariatnya masing-masing serta mengorganisir tahapan-tahapan kegiatannya dengan baik dan para peserta dituntut harus mampu melaksanakan kegiatan pendidilan formal tahap kedua, yaitu PKD oleh komisariat masing-masing.

Penulis: Budiman (Ketua Umum PC PMII Kota Sukabumi)

Email: pcpmiikotasukabumi@yahoo.com

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI