Sukabumi Update

Cegah Stunting, Itu Penting! Menyambut Bonus Demografi 2030

Diselenggarakan oleh Gerakan Membangun Bangsa (GMB) bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI)

Dalam rangka menyambut Bonus Demografi Indonesia tahun 2030, maka berbagai gerakan perlu dilakukan, khususnya dalam melahirkan Generasi Emas yang memiliki potensi dan kompetensi yang tinggi, baik dari sisi pengetahuan, sikap dan perilaku. Salah satu indikator dalam mewujudkan Generasi Emas tersebut adalah kesehatan jasmani yang optimal, oleh karena itu perlu antisipasi berbagai ancaman dan tantangan di bidang kesehatan yang tentunya dapat mempengaruhi dan mengganggu kesehatan jasmani generasi Indonesia dalam menyambut Bonus Demografi tahun 2030.

Salah satu problem dalam bidang kesehatan masyarakat hari ini adalah Stunting. Stunting atau kekerdilan diartikan sebagai kondisi gagal tumbuh pada anak usia di bawah 2 tahun (baduta) akibat kekurangan gizi kronis, yang dicirikan dengan tinggi badan yang terlalu pendek untuk anak seusianya. Anak penderita stunting cenderung memiliki pertumbuhan kemampuan kognitif dan sosial yang lebih rendah, rentan terhadap penyakit serta kecerdasan di bawah normal. Apabila hal tersebut dibiarkan, maka stunting dapat mengakibatkan hilangnya generasi yang berkualitas, baik secara fisik maupun psikologis yang selanjutnya dapat berdampak terhadap produktivitas suatu negara. Oleh karena itu diperlukan gerakan dari masyarakat untuk bersama-sama mencegah dan menangani masalah stunting tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, Gerakan Membangun Bangsa (GMB) yang merupakan organisasi sosial yang berfokus pada pembangunan kualitas manusia melalui program pendidikan dan kesehatan, mempunyai tanggung jawab sosial untuk mendukung program pemerintah dalam upaya penurunan prevalensi stunting di Indonesia. GMB turut mendukung program-program pemerintah dengan melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat serta berdampak luas bagi masyarakat sehingga tujuan jangka panjang pemerintah untuk mensejahterakan masyakat Indonesia, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan dapat tercapai.

Untuk mensosialisasikan pentingnya cegah stunting, Gerakan Membangun Bangsa (GMB) bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) dan didukung oleh Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat (LPER) menyelenggarakan Talkshow dengan tema: “Cegah Stunting, Itu Penting! Menyambut Bonus Demografi 2030” yang bertempat di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo RI, Jl. Medan Merdeka Barat, No. 9, Jakarta Pusat, pada tanggal 29 September 2018, pukul 08.30-13.00 WIB.

Adapun tujuan diselenggarakannya Talkshow Cegah Stunting, Itu Penting! adalah sebagai berikut :

1. Untuk mendukung program nasional pemerintah dalam upaya penurunan prevalensi stunting di Indonesia, karena data menunjukkan masih terdapat 8,9 juta anak balita Indonesia yang mengalami stunting, atau 37,2% (Rikesdas 2013). Angka ini menempatkan Indonesia termasuk dalam 5 besar negara dengan jumlah penderita stunting yang tinggi. 

2. Untuk mengedukasi masyarakat terkait isu stunting, melalui pembahasan tentang pengertian stunting, penyebabnya, upaya pencegahan, waktu kejadian stunting dan peranan budaya masyarakat terhadap stunting.

3. Untuk memberikan kesadaran bersama dari peserta seminar untuk mengenal, memahami dan turut berperan serta dalam upaya pencegahan stunting, dimulai dari keluarga/lingkungan terdekat. Sekaligus memberikan pengetahuan lebih dalam tentang pola hidup sehat dan pemenuhan gizi yang tepat agar anak dapat hidup sehat dan aktif.

Jakarta, 17 September 2018

Ahmad Irfan

Sie.Publikasi Media

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI