Sukabumi Update

Berawal dari Tugas Mata Kuliah Kini Berkembang Menjadi Peluang Bisnis di Eurasia

Oleh: Ramdani Murdiana

Tidak menutup kemungkinan bahwa kesempatan selalu ada dimana saja dan kapan saja asalkan kita terus berjuang dan jangan pernah menyerah, itulah yang selalu dilakukan oleh seorang pemuda bernama Ramdani Murdiana (23) salah satu mahasiswa Indonesia asal Kota Sukabumi (Jawa Barat) yang sedang mengambil program Magister Bisnis Administrasi di Ibn Haldun University (Istanbul-Turki) melalui jalur beasiswa. Berawal dari Mata Kuliah Innovation & Entrepreneurship yang Ramdani ambil di semester awal perkuliahannya, ia berhasil mengembangkan sebuah inovasi bisnis dalam kategori permainan olahraga.

Produknya merupakan pengembangan dari mainan bumerang, yang ia kembangkan menjadi sesuatu yang unik bernama Booner Boomerang (The Son of Boomerang). Awalnya, ide ini sempat kurang diterima dan sempat di tertawakan oleh teman-temannya di kelas, karena mereka tidak percaya bahwa Booner ini dapat direalisasikan. Namun, hal itu ia jadikan tolak ukur untuk bisa membuktikannya, Karena ketika mimpimu ditertawakan, itu artinya mimpimu harus diwujudkan, tuturnya.

Pengembangan inovasi yang dilakukannya mulai dari bentuk yang menarik, desain yang kekinian (modern) dan sistem pemasaran yang dipadukan dengan era digital saat ini. Dengan dibantu oleh rekannya yaitu Suyono (40) pada bagian produksi yang berada di Cilacap-Jawa Tengah. Ia percaya bahwa produk Booner ini akan menjadi peluang bisnis di Eurasia, karena Booner melahirkan tren baru dalam permainan.

Bahkan Ramdani berencana ketika produk ini berhasil di danai oleh investor yang berada di Turki, Indonesia dan dinegara-negara lain, ia akan meluncurkan aplikasi Booner Boomerang yang bisa diunduh melalui playstore dan app store, agar setiap customer yang nantinya ingin membeli Booner Boomerang bisa membuat desain yang mereka inginkan secara kustom dan bisa memainkan Game Booner Boomerang dengan desain yang sudah mereka buat di aplikasi, serta bisa langsung mengecek ongkos kirimnya dari Indonesia dan secara otomatis para pembeli Booner akan diberikan Nomor ID untuk mengikuti perlombaan Bumerang Internasional yang rencananya akan di garap oleh Ramdani apabila proyek ini berhasil tembus ke pasar Eurasia.

Tidak lupa juga, Booner Boomerang ini selalu terdapat cap Made in Indonesia, karena kita harus bangga dengan produk hasil tangan negeri. Sudah semestinya kita bangga atas produk Indonesia, sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam dan budaya.

Tidak berhenti sampai disitu, setelah melakukan inovasi pengembangan produk, kini tantangan selanjutnya adalah menumbuhkan tren mainan baru di Eurasia, dibantu oleh dosen mata kuliah Innovation & Entrepreneurship yaitu Dr. Ahmet Kaplan dan Prof. Mustafa Kemal Yilmaz sebagai dosen pembimbingnya, bersama mereka kini Ramdani sedang mengembangkan strategi pemasaran Booner agar bisa menembus pasar di Eurasia.

|indonesiaramdani@gmail.com|Ramdani Murdiana

 

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI