Sukabumi Update

Santri Jalan Kaki 60 KM, Napak Tilas Pendiri Ponpes Darul Amal Jampangkulon Sukabumi

Oleh: Ustadz Hudaya

Puluhan santri Ponpes Darul'Amal Kampung Selajati RT 02 RW 01 Desa Bojonggenteng, Kecamatan Jampangkulon,, Kabupaten Sukabumi,Jawa Barat, melakukan napak tilas dengan berjalan kaki mulai dari Jampangkulon menuju Cisaat Sukabumi.

Kegiatan ini merupakan rangkaian haul pertama pendiri Ponpes terpadu dan Yayasan Pendidikan Sosial Islam Darul ' Amal DR. Umay M. Dja'far Shiddieq, MA. Peserta napak tilas berjumlah 23 orang, diberangkatkan pada Kamis (14/2/2019), dini hari pukul 00.00 WIB, jalan kaki menuju Ponpes Almasthuriyah Sukabumi, sekitar 60 Kilometer, diperkirakan sampai ditempat tujuan pada Sabtu sore bsok.

Napak tilas ini untuk mengingat perjalanan Umay M Djafar pada tahun 1971. Saat itu beliau jalan kaki dari Jampangkulon menuju Sukabumi ke Ponpes Almasthuriyah.

Santri Darul Amal melakukan Napak tilas jalan kaki menuju Ponpes Almasthuriyah Sukabumi. (Foto: Istimewa).

Ceritanya waktu itu beliau menuntut ilmu di MA Almasthuriyah, diturunkan oleh kondektur bus di daerah Pasirpiring karena kekurangan ongkos. Waktu itu ibunya hanya memberi bekal uang Rp. 30 sedangkan ongkos Rp.175.

Beliau terpaksa turun dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki demi menuntut ilmu di Almasthuriyah.Napak tilas ini memberikan motivasi kepada para santri, apapun kondisinya tetap semangat dalam menuntut ilmu.

Selain napak tilas, beberapa kegiatan akan dilaksanakan dalam haul pertama seperti sunat massal, festival kaulinan Pajampangan, saresehan pendidikan dan pengasuhan,pentas teater dan saresehan alumni.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI