Sukabumi Update

Ki Uba Mengharap Uluran Dermawan Pasca Rumahnya di Ciambar Ludes Terbakar 

Oleh: Andi Suhandi

Masih teringat kejadian rumah terbakar saat penghuni rumah tengah menjalankan ibadah salat jumatan, tepatnya 3 Maret 2019 yang lalu di Kampung Somang, Desa Ambar Jaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi.

Aki Uba sosok tua berusia 75 tahun saat ini tengah sakit dan menatap rumahnya yang tengah dibangun secara gotong royong oleh warga Kampung Somang.

Terlihat baru naik bata hebel setengah badan dan dikerjakan oleh saudara serta tetangganya.

Ki Uba menuturkan "Alhamdulillah saat ini sudah ada bantuan dari saudara, tetangga yang membantu untuk membangunkan rumahnya kembali." kata Ki Uba.

Puing-puing bangunan usai terjadi kebakaran di Kampung Somang, Desa Ambarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jumat (1/3/2019) lalu. | Sumber Foto: Istimewa.

Selanjutnya Ki Uba pun menceritakan bagaimana awal mula kebakaran tersebut. Menurutnya yang pertama melihat api adalah cucu perempuannya yang berteriak pada ibunya. Sontak ibunya dan tetangga panik dan berlari memberi tahu Ki Uba yang tengah menjalankan Ibadah salat Jumat di mesjid yang tak jauh dari rumahnya.

Jamaah slat Jumat pun bubar sebelum waktunya dan semuanya fokus pada aktivitas memadamkan api agar tidak merembet ke rumah anak dan tetangganya.

Api bisa ditaklukan 1 jam setelah kejadian dengan dugaan penyebab kebakaran akibat arus pendek. Kebakaran ini telah menghanguskan semua barang milik penghuni rumah.

"Hanya baju yang dipakai saja yang tersisa," ungkap Ki Uba sambil berlinang air mata.

Kini Ki Uba membutuhkan bantuan dari siapa dan dari manapun, baik pemerintah, atau dermawan lainnya untuk menuntaskan pembangunan rumahnya kembali.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI