Sukabumi Update

Pemuda Asal Sukabumi Raih Omset Rp 26 Juta di Festival Kuliner dan Budaya di Istanbul Turki

Oleh : Ramdani Murdiana (Sebagai Warga Sukabumi yang Tinggal di Turki)

Instansi: Ibn Haldun University, Istanbul Turki

Peluang menjual produk Indonesia di luar negeri merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan, seperti yang sedang dilakukan oleh Ramdani Murdiana (24), pemuda asal Kota Sukabumi yang merupakan mahasiswa magister jurusan bisnis di Ibn Haldun University bersama rekannya Tantra (31).

Di festival kuliner dan budaya Indonesia yang diselenggarakan pada hari Sabtu (22/06/2019) di Movenpick Hotel Istanbul, Turki. Ramdani dan Tantra sukses menjual produk sembako Indonesia seperti mie, sayuran, buah-buahan dan sebagainya yang dibeli langsung dari Indonesia untuk dijual di festival tersebut.

Panitia menyediakan 20 booth yang terdiri dari booth makanan, pakaian, travel dan budaya. Dengan memunculkan konsep INDOMART (Indonesian Market) Turki yang memiliki motto “We bring Indonesia to You”.  Ramdani bersama timnya sukses meraup omset 11.000 Turkish Lira atau sekitar Rp. 26.000.000 di festival tersebut. Konsep awal yang ditawarkan sangat sederhana, bermula dari kerinduannya akan kuliner dan produk Indonesia sekitar hampir selama 2 tahun berada di Turki, ide menjual produk Indonesia itu muncul.

Dengan tim yang solid dan kompak, INDOMART Turki kini menjadi salah satu pemasok barang dari Indonesia mulai produk UMKM hingga produk umum lainnya ke seluruh kota di Turki. Kedepannya, INDOMART Turki akan berkolaborasi dengan salah satu organisasi pengusaha di Turki yang bernama Genç MUSIAD, guna membangun jembatan bisnis di antara Turki dan Indonesia.

Konsulat Jenderal RI Istanbul Bapak Herry Sudrajat ketika mengunjungi booth INDOMART Turki menambahkan bahwa “Konsep yang ditawarkan sudah cukup bagus, tinggal perbanyak ikut serta dalam kegiatan seperti ini untuk meningkatkan promosi INDOMART Turki dan produk Indonesia lainnya”.

Pada festival yang diselenggarakan, lebih dari 300 pengunjung yang menghadiri festival tersebut, para pengunjung disuguhkan penampilan tarian Indonesia yang dipersembahkan oleh warga turki yang belajar budaya Indonesia di Turki. Selain itu, tidak lupa juga penampilan musik Indonesia yang dibawakan oleh The Manjo, salah satu grup band mahasiswa ikut memeriahkan festival tersebut.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI