Sukabumi Update

Mahasiswa Sukabumi Ini Masuk Grand Final Duta Baca Jawa Barat

Oleh : Utami S. Umayah

KAMMI Sukabumi

Ana Mariah seorang aktivis KAMMI asal kampus STIE PGRI Sukabumi, masuk grand final pemilihan Duta baca Provinsi Jawa Barat mewakili Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan, Selasa (10/03/2020).

Bale Kreasi Literasi (BKL) adalah sebuah bale atau saung berupa rumah tempat berkreasi dan berinovasi dengan cara membaca, mengkaji dan mengeksplor kreatifitas seseorang, untuk mengubah mindset seseorang atau membuat ide kreatif.

Ana menjelaskan, giat kegiatan yang ia dedikasikan selama ini diantaranya untuk mewujudkan tujuannya sebagai wadah membuat program pendekatan terhadap masyarakat dengan memfokuskan programnya pada penyelengaraan pendidikan.

Sabtu atau minggu *(rabeng)* literasi bareng adalah mengajarkan anak-anak untuk membaca,menghitung,menulis dengan metode belajar mengajar yang seru.

Sabtu minggu *(cerewet)* cerita awet adalah cerita dongeng atau mendengarkan dongeng motivasi yang diisi oleh anak-anak muda yang suka rela di lingkungannya atau mengundang relawan untuk bisa mendongeng di BKL tersebut.

Sabtu minggu *(ngusik)* ngulik usaha adalah literasi dengan metode sosialisasi yang di targetkan untuk ibu-ibu, menciptakan sebuah kreatif wirausaha untuk menjadi pengusaha yang sukses, dimulai dengan langkah pengenalan produk atau ide-ide yang unik.

Sabtu minggu *(babon)* bapak-bapak ngebon adalah metode sosialisasi untuk bapak- bapak belajar berkebun, mengenal dan belajar bercocok tanam, bisa bekerja sama dengan Dinas Pertanian untuk mengenalkan pupuk atau pun bibit tanaman yang bagus dan baik.

Sabtu minggu *(pensil)* pelatihan shoftskill adalah pelatihan di targetkan untuk remaja atau anak-anak remaja, untuk melatih kemampuan yang terpendam. Mengubah mindset remaja untuk terus berkarya dengan kreatif, dan memberikan motivasi dan dorongan untuk terus berkembang.

Harapannya, dengan terus meningkatkan budaya literasi masyarakat di Kabupaten Sukabumi ini dapat meningkatkan kualitas kehidupanya menjadi lebih baik dan sejahtera, ucapnya.

Lanjut, berkarya dengan berdaya mengabdikan diri agar bisa mengsinpirasi pemuda-i lain untuk bisa terus menggaungkan literasi demi kesejahteraan, tuturnya.

Kali ini Ana berkesempatan untuk mewakili Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan untuk mengikuti acara Dispuspibda Jawa Barat.

 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI