Sukabumi Update

Trik Warga Cikalong Desa Jayabakti Sukabumi Pilih Ketua RT/RW di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Rudi Malik

(Warga Desa Jayabakti Sukabumi)

Mengumpulkan orang banyak dalam kegiatan apapun, saat ini bisa meningkatkan potensi penyeberan virus Corona atau Covid-19, tindakan tersebut juga bertentangan dengan upaya pemerintah, khususnya maklumat Kapolri. 

Hal inilah yang menjadi petimbangan utama Panitia Pemilihan ketua RW 01, pemilihan Ketua RT 01/02, Ketua RT 02/01 dan Ketua RT 03/01 Kampung Cikalong, Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi periode 2020-2025, menggelar pemilihan dengan sistem jemput bola ke rumah-rumah warga, Minggu (12/04/2020).

Menurut Ketua Pelaksana Pemilihan, Yofi Sukrillah, pemilihan dengan sistem ini selain menghindari kerumunan warga, juga sangat efektif meningkatkan partisipasi pemilih. Terbukti, menurutnya dari 660 Daftar Pemilih tetap (DPT), tercatat 526 orang menyalurkan hak pilihnya. 

"Berarti kurang lebih 80 persen warga Cikalong yang menyalurkan haknya memilih pimpinan lembaga kemasyarakatan RT dan RW," kata Yopi.

Sementara, Ketua Pemuda Cikalong (Peci), Liyus selaku koordinator pelaksana tugas lapangan pemilihan, mengaku senang karena organisasi yang di pimpinnya bisa berperan aktif di lapangan. "Ini merupakan bentuk kepedulian dan dukungan Peci terhadap pemerintah," ungkap Liyus.

Kegiatan pemilihan dengan sistem jemput bola ini juga, mendapat apresiasi dari berbagai pihak diantaranya dari salah satu anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jayabakti, Dian, yang mengaku bangga warga bisa melaksanakan pemilihan ketua RT dan RW dengan sistem tersebut.

“Ini jadi pilot project dan bisa ditiru oleh wilayah-wilayah lain, sistem atau opsi ini dinggap efektif dan aman dalam kondisi sekarang ini,” ujar Dian.

Berikut hasil pemilihannya :

 

Pemilihan Ketua RW 01

1.Sana Wasi : 75 suara

2.Iwan ferdiansyah : 87 suara

3.Rahmatullah : 187 suara

4.Ade Jalaludin : 164 suara

Suara tidak sah : 6 suara

 

Pemilihan Ketua RT 01/01

1.Jun Sunarya : 143 suara

2.Kotak kosong : 21 suara

Suara tidak sah : 19 suara

 

Pemilihan Ketua RT 02/01

1.Saputra Wijaya : 95 suara

2.Abdul Rahman: 35 suara 

Suara tidak sah : 7 suara

 

Pemilihan Ketua RT 03/01

1.Abun : 102 suara

2.Jaenal Abidin : 87 suara 

Suara tidak sah : 7 suara

 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI