Sukabumi Update

PMI Kota Sukabumi Lalukan Rapid Test Untuk Relawan yang Bertugas Dilapangan

Oleh: Dinar Muhammad,J

(Staf Pelayanan PMI Kota Sukabumi)

Sejumlah relawan PMI Kota Sukabumi menjalani rapid test (periksa cepat) virus covid-19 yang difasilitasi bantuan rapid dari Dinas Kesehatan Kota Sukabumi yang dilaksanakan di Markas PMI Kota Sukabumi.

"Akfitas relawan PMI saat ini sangat beresiko, termasuk garda terdepan dalam penanganan Corona (Covid-19). Salah satunya para relawan telah berhari-hari selama wabah Corona bergerak melalukan operasi penanganan di kota Sukabumi,"ujar Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo, kamis (23/4)

Menurutnya, kegiatan mereka mulai dari penyemprotan disinfektan ke sejumlah fasilitas publik dan lokasi zona merah, edukasi dan promosi PHBS, hingga pembagian sembako untuk masyarakat kelas menengah ke bawah yang terdampak secara ekonomi.

Selama menjalankan pengabdiannya, para relawan tidak sedikit bersinggungan dengan masyarakat. Kondisi tersebut membuat mereka rentan tertular virus. Meskipun, Standar Operasional Prosedur (SOP) tetap dijalankan.

"Kami melihat tim relawan di lapangan begitu giat dilapangan sudah hampir satu bulan. Maka, kami juga perlu memastikan kondisi kesehatan mereka. Alhamdullah hasil pemeriksaan rapid nya semua negatif dan dalam kondisi sehat,"kata Suranto

Dalam Proses pemeriksaan itu dilakukan secara bertahap, tidak hanya para relawan, para staf markas, UTD dan jajaran pengurus juga tidak luput dari pemeriksan rapid tes tersebut

Selain itu, pihaknya juga secara rutin memeriksa kesehatan para relawan yang bertugas dan memberikan asupan suplemen untuk meningkatkan kesehatan mereka dalam bertugas.

"Untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada relawan, PMI menurunkan satu dokter dan para perawat di UTD untuk memeriksa dan memastikan relawan yang bertugas dalam keadaan sehat dan stamina prima,"pungkas Suranto

|badyasejahtera@gmail.com|netizen

Editor : Budiono

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI