Sukabumi Update

Saatnya Petani Kopi Sukabumi Mendunia, Ada Promo Gratis ke World of Coffee 2022

SUKABUMIUPDATE.com -  Kopi menjadi komoditas yang disebut-sebut punya peluang pasar besar di masa mendatang, sebagai orang bahkan menjulukinya dengan emas hitam. Pemerintah daerah membuka peluang promosi untuk petani kopi di Jawa Barat termasuk Sukabumi ke Milan Italia di ajang World of Coffee 2022.

Ajang ini dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mempromosikan kopi-kopi terbaik yang tumbuh subur di tanah sunda. Program ini diinformasikan resmi melalui akun media sosial (facebook) pemprov Jawa Barat, pada Selasa 16 Mei 2022 kemarin.

Event World Of Coffee 2022 sendiri rencananya akan berlangsung pada 23 - 25 Juni mendatang. Untuk itu pemprov mengundang seluruh petani kopi di Jawa Barat untuk mengirimkan sampel produk mereka, dalam bentuk green beans.

Semua sampel biji kopi dari petani di Jawa Barat akan diseleksi oleh pemprov Jabar dan 5758 Coffee Lab. Biji kopi yang terpilihlah yang akan diikutkan dalam event Event Word Of Coffee 2022.

Proses seleksi dimulai dari kurasi yang akan berlangsung 30 Mei hingga 5 Juni 2022. Jenis kopi yang akan diseleksi adalah Arabica, Robusta atau Liberika. Dimana setiap petani wajib mengirimkan sampel 1 kilogram jenis kopi yang ikut seleksi ke 5758 Coffee Lab.

Untuk informasi lebih lengkap, petani kopi bisa cek link ini; bit.ly/KopiJabarJuara

Berikut narasi lengkap dari seleksi kopi Jawa Barat untuk event world of coffee di Milan Italia.

"Pengumuman... Pengumuman...!

Pemprov Jabar sedang mencari biji kopi terbaik asal Jawa Barat yang akan dipromosikan di World of Coffee Milan, wargi

Yuk segera kirim sampel terbaik dari biji kopimu dan penuhi persyaratannya yaaa

Siapa tau kopimu yang akan dibawa ke Italia

Baca Juga :

Data pemerintah daerah menyebut luas tanam kopi di Kabupaten Sukabumi mencapai 1.086 hektar. Sukabumi menjadi satu dari tiga Kabupaten di Jawa Barat yang menjadi sentra tanaman kopi, bersama Garut dan Bandung Barat.

Wakil Bupati Iyos Somantri saat menghadiri Pelantikan 30 pengurus DPC Asosiasi Petani Kopi Indonesia atau APEKI Sukabumi oleh DPD APEKI Jawa Barat, 16 Desember 2021 silam, menyebut selama ini pemda terus mendorong penguatan dan perluasan usaha para petani kopi. 

Iyos membuka data bahwa Kabupaten Sukabumi memiliki 1.086 hektar kebun Kopi yang tersebar di Gegerbitung, Sukaraja , Kadudampit, Kabandungan, ditambah tiga kecamatan penyangga yaitu Cireunghas, Cisolok dan Purabaya. 

Kopi Sukabumi lanjut Iyos telah memiliki brand produknya sendiri seperti Bumi Kopi di Sukaraja, Bongas Kopi di Gegerbitung, Absolute Kopi di Kabandungan, Mekar Kopi di Kadudampit, serta Gunung Karamat Kopi di Cisolok.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI