Sukabumi Update

Jadi Orang Indonesia Pertama yang Berpidato di Harvard, Simak 4 Fakta Andhika Sudarman

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu putra terbaik Indonesia kembali menoreh sejarah. Kali ini datang dari Andhika Sudarman, seorang pemuda pertama yang memberikan pidato kelulusan di Harvard Law School.

Harvard Law School yang terletak di Cambridge, Amerika Serikat, merupakan salah satu sekolah hukum terbaik di dunia serta almamater dari mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Ingin tahu lebih dekat dengan sosok Andhika Sudarman? Mari simak ulasannya seperti yang telah dirangkum oleh suara.com berikut ini.

Baca Juga :

1. Lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia

photoPotret Andhika Sudarman Saat Kelulusan - (Instagram @andhikasudarman_)</span

Sebelum melanjutkan studi ke Harvard Law School, Andhika lebih dulu mengenyam pendidikan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. 

Ia masuk melalui jalur tes tertulis pada tahun 2011 dan berhasil menyandang predikat Mahasiswa Berprestasi Nasional pada tahun 2014.

2. Melanjutkan Sekolah Berkat Pengorbanan Sang Kakak

photoPotret Andhika Sudarman Saat Kelulusan Bersama Keluarga - (Instagram @andhikasudarman_)</span

Dalam siaran tertulis yang diterima Suara.com beberapa waktu lalu, Andhika bercerita bagaimana ia berhasil melanjutkan kuliah berkat pengorbanan sang kakak, Stella Andhika.

"Keterbatasan ekonomi menjadi salah satu faktor keterlambatan sebagian orang di Indonesia dalam menempuh pendidikan. Saya sendiri bisa berkuliah berkat pengorbanan kakak saya yang dulu memutuskan tidak melanjutkan kuliah agar bisa memberi kesempatan kepada saya," ungkap Andhika.

3. Menjadi Orang Indonesia Pertama yang Berpidato di Wisuda Harvard Law School

photoPotret Andhika Sudarman Saat Berpidato - (Instagram @andhikasudarman_)</span

Dalam acara wisuda beberapa waktu lalu, bukan hanya muncul memberikan pidato kelulusan tetapi juga meraih gelar sebagai Deans Award for Community Leadership serta berdiri paling depan saat Traditional Class March to Harvard Yard.

Di hari kelulusannya, Andhika juga datang ditemani keluarganya. Hal itu dapat dilihat melalui unggahannya di media sosial Instagram @andhikasudarman_

4. Membangun Dua Platform Berbasis Digital

Di Indonesia, Andhika membangun aplikasi pengembangan diri SejutaCita, yang pernah memenangkan Juara 1 Best App Award oleh Google 2021. 

Aplikasi tersebut memungkinkan masyarakat mencari informasi event, lomba, beasiswa, dan sebagainya hanya dalam satu aplikasi.

Selain itu, Andhika juga membangun platform karir yang mempertemukan para talenta unggul dengan perusahaan terkemuka di Indonesia bernama Deall (usedeall.com). 

Sejak tiga bulan berdiri, perusahaan itu telah bekerja sama dengan lebih dari 70 perusahaan terkemuka di Indonesia dan dunia, termasuk Shopee, Telkomsel, Tokopedia, Ajaib hingga TikTok.

"Jika sebelumnya para perekrut mungkin perlu melihat ratusan atau bahkan ribuan CV untuk menemukan satu talenta yang cocok. Di Deall, para perekrut bisa menemukan satu atau dua talenta yang cocok hanya dengan melihat sepuluh sampai 15 CV," kata Andhika.

Pada Agustus sampai September 2022 mendatang, akan diadakan “Deall Career Mentoring Festival 2022” yang diharapkan dapat menjadi salah satu acara one on one mentoring terbesar di Indonesia. 

Pada acara ini, peserta bisa memiliki kesempatan memperluas jaringan dan mendiskusikan karier dengan mentor yang diinginkan.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI