Sukabumi Update

Kabar Baik! Pemerintah Jerman Buka Lowongan Kerja Perawat untuk WNI

SUKABUMIUPDATE.com - Kesempatan untuk kamu yang ingin berkarir sebagai tenaga medis khususnya perawat, saat ini Pemerintah Jerman membuka lowongan kerja bagi para perawat.

Lowongan kerja ini disampaikan oleh Pemerintah Jerman kepada Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melalui surat nomor: PENG.07/KWS3.DIT2/PP.02.04/IV/2022.

Jerman dikabarkan membuka rekrutmen 300 perawat Indonesia melalui pendaftaran penempatan calon kandidat pekerja migran Indonesia (PMI) perawat program goverment to goverment (G to G) di Jerman gelombang kedua.

Baca Juga :

"Memperhatikan surat permintaan kebutuhan tenaga perawat Indonesia di Jerman melalui skema penempatan pemerintah atau government to government dari Direktur Hubungan Internasional Agensi Ketenagakerjaan Federal Jerman pada 4 April 2022, dalam kerangka program triple win berdasarkan persetujuan antara Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dan Bundesagentur fuer Arbeit (BA) Jerman tentang Penempatan dan Perlindungan Penempatan Tenaga Kesehatan Indonesia di Jerman pada 16 dan 26 Juli 2021," tulis surat terkait melalui laman resmi BP2MI.

Lowongan yang tersedia yakni unit Perawatan Intensif, Perawatan Geriatri/ Panti Asuhan/ Perawatan Lansia, Bangsal Umum, Bangsal Medis dan Bedah, Ruang Operasi, Neurologi, Ortopedi dan bidang terkait, Psikiatri, Bangsal Anak dan Neonatal. 

Rekrutmen ini sudah dibuka sejak 12 Mei dan akan berakhir 9 Juni 2022. Bagi anda yang tertarik lowongan kerja ini, syarat yang dibutuhkan yaitu:

photo(Ilustrasi) Perawat - (Freepik)</span

  1. Warga Negara Indonesia dan Penduduk tetap Indonesia
  2. Berusia minimal 18 Tahun (per tanggal 12 Mei 2022)
  3. Lulusan dari Lembaga Pendidikan Keperawatan yang terakreditasi dengan memegang gelar Pendidikan D3 Keperawatan atau D4 Keperawatan atau S1 Keperawatan
  4. Memiliki sertifikat Registrasi Perawat atau STR (Surat Tanda Registrasi) dari Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) yang masih berlaku per 9 Juni 2022
  5. Pelamar telah memiliki kemampuan Bahasa Jerman atau bersedia mengikuti pelatihan Bahasa Jerman level B1 di Indonesia yang akan dilaksanakan mulai September tahun ini, di Bandung, Jawa Barat. Dilanjutkan pelatihan bahasa level B2 di Jerman, dengan catatan menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.
  6. Calon pelamar juga wajib mengunggah dokumen seperti KTP, Kartu Pencari Kerja atau AK I, Kartu Keluarga (KK) dan surat izin dari keluarga yang dilengkapi dengan KTP perwakilan keluarga dilengkapi dengan materai.
  7. Selanjutnya Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Sehat dari rumah sakit atau puskesmas pemerintah yang berlaku per 12 Mei 2022, Surat Keterangan Status Perkawinan (bagi yang telah menikah melampirkan buku Nikah), ijazah dan transkrip nilai, daftar riwayat hidup, motivation letter, serta rekomendasi dari pekerjaan sebelumnya jika memiliki pengalaman kerja.
  8. Peserta juga wajib menyertakan Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang putih, menghadap kedepan dan tampak jelas dengan ukuran 3x4, terdaftar sebagai BPJS Kesehatan dengan bukti kartu anggota,  sertifikat bahasa Inggris atau Jerman (jika ada), serta bukti Vaksinasi Covid-19 Booster.

Untuk lebih lengkapnya, calon pelamar bisa membuka laman BP2MI https://siskop2mi.bp2mi.go.id/.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI