Sukabumi Update

4 Manfaat Uang Receh yang Mesti Kamu Ketahui

SUKABUMIUPDATE.com - Kamu pasti sering menerima uang receh hasil kembalian saat berbelanja. Banyak orang tidak menganggap penting uang receh karena nilai nominalnya yang kecil. 

Dikutip dari yoursay.id (portal suara.com), beberapa orang bahkan meletakkannya sembarangan di mana saja. Namun, sebenarnya uang receh sangat berguna dalam proses transaksi pembayaran, mengingat tidak semua harga barang bernilai bulat. 

Baca Juga :

photo(Ilustrasi) Banyak orang tidak menganggap penting uang receh karena nilai nominalnya yang kecil. - (IST)</span

Selain itu ada alasan bagus mengapa kamu seharusnya tidak menyepelekan keberadaan uang receh, berikut ulasannya:

1. Untuk kembalian

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa banyak barang yang harganya tidaklah bulat sehingga diperlukan kembalian berupa uang receh. 

Karena pembayaran dengan uang sudah seharusnya diberikan kembalian dengan uang juga dan bukannya diganti dengan benda lain seperti permen misalnya.

2. Bisa ditukar

Jika kamu rajin menyimpan uang receh, lama kelamaan uang receh kamu akan banyak jumlahnya. 

Saat uang receh sudah terkumpul banyak, kamu bisa menukarnya dengan uang pecahan besar yang bisa saja jumlahnya cukup untuk membeli benda yang kamu inginkan. 

Kamu pun bisa membantu toko atau warung yang membutuhkan uang receh untuk kelancaran transaksi jual beli. Artinya kamu sudah membantu orang lain sekaligus menabung yang nantinya akan berguna.

3. Untuk membayar

Saat kamu akan melakukan pembayaran dengan nilai kecil, tentu lebih baik jika kamu menggunakan uang receh ketimbang  uang besar bukan? 

Selain mempermudah pihak yang menerima pembayaran, biasanya kamu pun akan lebih berhati-hati membelanjakan uang dengan nilai besar milikmu. 

Berbeda jika sudah terpecah menjadi berbagai nilai nominal yang kecil, kamu biasanya akan cenderung mudah membeli ini dan itu yang belum tentu penting karena kamu merasa hanya mengeluarkan uang sedikit. Tahu-tahu uang kamu ludes.

4. Bisa dikoleksi

Uang receh juga bisa loh kamu jadikan benda koleksi. Siapa tahu beberapa tahun kemudian, uang yang kamu simpan menjadi langka dan nilainya pun naik di mata para kolektor. 

Berarti uang receh bisa menjadi salah satu bentuk investasi. Uang receh atau besar, sebenarnya semua harus diperlakukan dengan baik agar tidak rusak atau menjadi cacat. 

Menjaga kondisi uang memang sudah seharusnya menjadi kesadaran setiap orang agar alat pembayaran yang sah ini dapat bermanfaat untuk jangka waktu yang lama.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI