Sukabumi Update

Hanya 20% Lulusan SMA Lanjut Kuliah, Sukabumi Kece Geber Entrepreneur Baru

SUKABUMIUPDATE.com - Mencetak entrepreneur baru sebanyak-banyaknya dari kalangan muda menjadi target Pemerintah Kota Sukabumi untuk menggenjot roda perekonomian dimasa mendatang melalui program sukabumi Kece. Data BPS menyebut hanya 20 persen lulusan SMA sederajat meneruskan ke bangku kuliah, artinya jika tidak difasilitasi, 80 persen lulusan SMA yang tidak lanjut ke perguruan tinggi berpotensi menyumbang angka pengangguran.

Menciptakan wirausaha muda baru menjadi komitmen Pemerintah Kota Sukabumi, salah satunya melalui Sukabumi Kece. Di Tahun 2022 ini sukabumi kece menggelar Pelatihan Digital Marketing dan Vokasi Pembuatan Produk, Rabu (13/7/2022) di SMKN 3 Kota Sukabumi. 

Pesertanya 120 lulusan SMA sederajat di Kota Sukabumi. Pelatihan yang difasilitasi Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian, ini dibuka langsung oleh Wali kota Achmad Fahmi. Dalam sambutannya Fahmi menyampaikan salah satu indikator keberhasilan pembangunan adalah pertumbuhan ekonomi dengan menurunnya tingkat pengangguran terbuka. 

"Kegiatan program Sukabumi Kece ini lahir ketika kami melihat data dari BPS, setelah dilakukan analisa. Jumlah SMA sederajat yang melanjutkan ke perguruan tinggi hanya 20 persen," ujar Fahmi dikutip dari portal resmi KDP Kota Sukabumi, Rabu 13 Juli 2022. 

Baca Juga :

Pertumbuhan ekonomi tersebut lanjut Wali Kota ditandai dengan peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat yang berimbas pada peningkatan pendapatan suatu daerah menuju kondisi perekonomian yang lebih baik. 

"Hari ini sekitar 120 orang peserta yang mengikuti pelatihan. Kami berharap benar para peserta menjadi entrepreneur muda karena yang paling bertahan di tengah dinamika dunia yakni UMKM," terangnya. 

Pelatihan entrepreneur muda ini juga, harus difokuskan kepada yang sifatnya teknis sehingga nantinya para peserta sifatnya melakukan praktik langsung. Fahmi berpesan untuk para entrepreneur muda khususnya para peserta, tidak mudah patah dan putus asa. 

"Karena, yang namanya Petarung yang namanya Pemenang tidak pernah putus asa. Allah akan memberikan takdir terbaik, takdir terbaik bisa didapatkan saat kita berusaha secara maksimal," tandas Wali Kota Sukabumi.

SUMBER: PORTAL KDP KOTA SUKABUMI

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI