Sukabumi Update

Pindad Gelar Kompetisi Desain Kendaraan Listrik Militer, Simak Cara Daftarnya

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk kamu yang jago dalam bidang desain terutama mendesain kendaraan, kamu harus ikut kompetisi kendaraan listrik militer yang diadakan PT Pindad.

Melansir dari Tempo.co, PT Pindad menggelar Military Vehicle Design Competition (MVDC) 2022. Ada dua kategori dalam ajang lomba desain kendaraan militer ini, yakni untuk profesional, serta untuk mahasiswa dan pelajar. Tema desain dalam lomba tahun ini adalah "Kendaraan Listrik Pendukung Hankam".

"Tema tersebut diangkat karena Indonesia telah menyatakan kesiapannya untuk memasuki era kendaraan listrik untuk mengurangi polusi udara, ramah lingkungan dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil," dikutip dari siaran pers Pindad, Rabu, 13 Juli 2022.

Baca Juga :

Kendaraan listrik bersama semua aspek pendukungnya tidak terbatas hanya sebagai moda transportasi dalam pengembangannya. Pindad lewat lomba tersebut menginginkan agar kendaraan listrik yang memiliki fungsi khusus bisa menjadi opsi pengembangan dalam bidang pertahanan dan keamanan.

Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa, mengatakan ajang MVDC tahun ini sudah memasuki tahun kedua. "Tahun lalu acara ini diikuti oleh 524 peserta, dengan antusiasme yang semakin meningkat semoga tahun ini bisa diikuti lebih banyak lagi sehingga kompetisi berjalan semakin menarik, kompetitif dan menghasilkan karya-karya desain terbaik dari anak negeri,” kata dia.

Sigit mengatakan ajang MVDC yang digelar Pindad tersebut menjadi ajang untuk mendukung pengembangan kreativitas para desainer dalam negeri. Ajang tersebut diharapkan dapat melahirkan desain electric combat vehicle yang memiliki fungsi khusus yang dibekali teknologi tinggi.

“Future combat vehicle akan melibatkan operasi senyap dan berteknologi tinggi mulai dari electric combat vehicle, autonomous vehicle, cyber teknologi dan network yang semuanya terkoneksi,” kata Sigit.

photoMilitary Vehicle Design Competition (MVDC) 2022 - (Istimewa)</span

Peserta yang tertarik bisa mendaftarkan dirinya lewat situs www.mvdc.pindad.com. Pendaftaran peserta dibuka mulai 18-29 Juli 2022. Pindad menyiapkan hadiah total ratusan juta rupiah dalam ajang Military Vehicle Design Competition (MVDC) 2022.

Desain terbaik akan dipilih lewat beberapa tahapan penyaringan. Dalam proses penyaringan akan dipilih 10 desain terbaik pada masing-masing kategori peserta. Pemenang akan diumumkan pada 10 November 2022.

Konsep desain diharapkan memenuhi sejumlah aspek, diantaranya logika desain terhadap konsep, serta fungsi dengan konsep desain yang futuristik. "Peserta dapat mengimplementasikan kreativitas peserta dalam suatu bentuk desain untuk mendukung pertahanan dan keamanan, khususnya pada produk kendaraan listrik," menurut siaran pers Pindad.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI