Sukabumi Update

Hari Tani Nasional: Fahmi dan Danrem Suryakencana Panen Raya di Parigi Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Peringati hari Tani Nasional, Wali Kota Achmad Fahmi ikut dalam panen raya padi di Kampung Parigi RT 04/04, Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi pada Sabtu, 24 September 2022. Acara ini dihadiri Danrem  061 Suryakencana, Dandim 0607 Sukabumi, Kapolres Sukabumi Kota, Wakil Wali Kota, dan unsur forkopimda lainnya. 

"Kegiatan hari tani nasional ini kita tentunya bersyukur karena bisa secara langsung dihadiri oleh pak danrem dan unsur TNI. Sekaligus juga meneguhkan bagaimana TNI menjadi garda terdepan dalam proses menjaga ketahanan pangan di indonesia," kata Fahmi.

"Mudah-mudahan pak Danrem bisa menyemangati warga untuk terus menjaga Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B), baik mandiri maupun yang dikelola untuk pemerintah," tambahnya. 

Menurut Fahmi, ketersediaan pangan di Kota Sukabumi secara umum aman, meskipun hasil pertanian lokal belum bisa mencukupi untuk seluruh warga kota. "Jadi kita masih dipasok beras dari luar karena belum bisa terpenuhi seutuhnya," tandasnya. 

Danrem 061 Suryakencana Brigadir Jenderal Rudy Saladin dalam kesempatan ini mengatakan panen raya ini dilakukan di hamparan seluas 7 hektar, yang merupakan bagian dari Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). 

"Ternyata lahan LP2B juga masih banyak yang dikelola oleh pemda. Ini hal yang perlu kita apresiasi, karena tidak semua kota masih menyiapkan ruang untuk pengembangan pertanian di wilayahnya. Saya secara pribadi sangat mengapresiasi upaya dari pak wali dengan seluruh forkopimda dan stakeholder terkait, sehubungan dengan penyediaan lahan LP2B," ujarnya. 

Baca Juga :

Menurut dia, untuk membantu mewujudkan ketahanan pangan di Kota Sukabumi, Kodim 0607 bekerjasama dengan pemerintah daerah melakukan pendampingan dari hulu ke hilir sehingga upaya mewujudkan ketahan pangan bisa terwujud. 

"Ini program dari angkatan darat kita pasca pandemi covid-19. Bagaimana teritorial membantu pemda dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan. Bekerjasama tentunya dengan pemerintah daerah, dinas-dinas terkait, untuk pengadaan pupuk, bibit sampai dengan hasil panen," jelasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI