Sukabumi Update

Daftar 6 Perguruan Tinggi Ikatan Dinas, Saat Lulus Bisa Jadi CPNS

Ilustrasi Kuliah - Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Saat Lulus Bisa Jadi CPNS . | (Sumber : Foto: Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Perguruan tinggi ikatan dinas setiap tahunnya selalu menjadi incaran para siswa. Selain untuk menuntut ilmu, keuntungan menjadi mahasiswa di perguruan tinggi ikatan dinas ketika lulus bisa langsung menjadi CPNS.

Jika kamu ingin masuk ke perguruan tinggi yang lulus langsung jadi CPNS, sekolah kedinasan adalah jawabannya. Sekolah Kedinasan adalah perguruan tinggi yang berada dalam naungan pemerintah, baik lembaga, badan, ataupun kementerian.

Sekarang ini sudah ada banyak sekolah kedinasan di Indonesia, yang biasanya berada di bawah naungan lembaga atau kementerian. Lulusan sekolah kedinasan atau Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) memang diproyeksikan untuk mengisi formasi pegawai di lembaga atau kementerian yang bersangkutan. Sehingga setelah masuk perguruan tinggi yang lulus langsung jadi CPNS.

Baca Juga: CPNS 2023: 10 Contoh Latihan Soal TWK, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Setelah menyelesaikan pendidikan, maka para alumni sekolah ini bisa langsung mendapatkan tempat di kantor pemerintahan sesuai sekolahnya. Menarik bukan, perguruan tinggi yang lulus langsung jadi CPNS?

Dikutip dari Suara.com, di bawah ini ada beberapa Perguruan Tinggi yang lulus langsung jadi CPNS. Mari simak ulasannya berikut ini.

1. Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN)

Pada tahun 2021 lalu, IPDN membuka sebanyak 1.164 formasi. Ada banyak pilihan jurusan IPDN yang bisa dipertimbangkan sebelum mendaftarkan diri. Semua jurusan tersebut adalah D4 yang tersebar dalam 3 fakultas, yaitu Fakultas Hukum Tata Kelola Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan, dan Fakultas Politik Pemerintahan. Lulusan IPDN langsung menjadi CPNS yang mengisi formasi di pemerintahan pusat atau daerah.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2023 Akan Dibuka, Simak 4 Formasi yang Jadi Prioritas

2. Politeknik Keuangan Negara STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang mana lulusannya bisa memenuhi syarat untuk bekerja di lingkungan Kemenkeu atau lembaga negara terkait.

Di sekolah ini, tersedia berbagai macam jenjang dari Diploma I hingga Diploma IV. Sementara itu, untuk program studinya menyediakan jurusan Akuntansi, Perpajakan, Kepabeanan dan Cukai, dan juga Manajemen Keuangan.

3. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN adalah salah satu sekolah kedinasan yang paling dibutuhkan di negeri ini. Di sekolah ini terdapat jurusan agen dan analis intelijen. Kuliah di STIN tidak akan dipungut biaya apa pun, dan akan disediakan tempat tinggal asrama, serta konsumsi dan seragam. Lulusan STIN akan otomatis diangkat menjadi CPNS untuk bekerja di lingkungan Badan Intelijen Negara (BIN).

Baca Juga: Intip Bocoran Gaji CPNS 2023 Lulusan SMA Sederajat, Jangan Kaget!

4. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Program studi di kampus ini hanya ada dua, yaitu statistik dan komputasi statistik yang bisa dipilih sesuai minat. Mahasiswa STIS akan berstatus ikatan dinas pada Badan Pusat Statistik, di mana semua lulusannya diangkat menjadi CPNS dan siap ditempatkan di seluruh unit kerja BPS, baik di pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota di seluruh wilayah Indonesia.

5. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Poltekim adalah sekolah kedinasan yang fokus pada ilmu pemasyarakatan, sedangkan Poltekim lebih fokus pada keimigrasian. Keduanya adalah daftar sekolah kedinasan yang berada di bawah Kementerian Hukum dan HAM.

Baca Juga: Siapkan Berkas Dokumennya, Simak Cara Daftar CPNS 2023 di Kemenkumham

Lulusan Poltekim akan langsung bekerja pada jajaran Direktorat Jenderal Imigrasi yang akan ditempatkan di Jabatan Analis Keimigrasian. Sedangkan lulusan Poltekip akan ditempatkan di bawah Ditjen Pemasyarakatan dalam Jabatan Penelaah Status Warga Binaan Pemasyarakatan atau Analis IPPemasyarakatan.

6. Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan juga menjadi salah satu instansi dengan daya tampung paling banyak pada tahun 2021. Ada 21 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran, mulai dari Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD), hingga Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP). Lulusan sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan akan diangkat menjadi CPNS di lingkungan Kemenhub dan dapat ditempatkan di seluruh Indonesia.

Selain itu, ada juga Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG), serta Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN).

Baca Juga: 5 Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan SMA, Segera Siapkan Diri Kamu!

Itulah daftar perguruan tinggi yang lulus langsung jadi CPNS. Semoga bermanfaat!

Sumber: Suara.com (Rishna Maulina Pratama)

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT