Sukabumi Update

Tips Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2023, Pendaftar Wajib Teliti!

Ilustrasi Tes SKD CPNS Setelah Lulus Seleksi Administrasi (Sumber : Dok. Menpan)

SUKABUMIUPDATE.com - Seperti yang sudah banyak disebutkan oleh media massa di Indonesia, kabarnya CPNS 2023 akan segera dibuka. 

Hal tersebut tentu saja merupakan peluang besar untuk putra putri bangsa yang ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Seperti yang sudah diketahui, ada beberapa seleksi dalam pelaksanaan penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara diantaranya yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

Baca Juga: Daftar 6 Perguruan Tinggi Ikatan Dinas, Saat Lulus Bisa Jadi CPNS

Nah disini yang akan kita bahas ada seleksi administrasi yang banyak disepelekan oleh orang, padahal kenyataanya seleksi ini menjadi salah satu bagian terpenting dalam menentukan apakah kamu bisa mengikuti SKD atau tidak. Tak sedikit pula orang gagal dalam seleksi administrasi ini.

Oleh sebab itu, berikut kami siapkan tips-tips agar lolos Seleksi Administrasi CPNS 2023 seperti merangkum dari berbagai sumber.

1. Persiapkan Segala Dokumen secara Lengkap

Langkah pertama untuk menghadapi tahap seleksi administrasi CPNS adalah mempersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan.

Biasanya peserta akan diminta menyiapkan berbagai macam berkas diantaranya surat lamaran kerja, ijazah, daftar riwayat hidup, pas foto, transkrip nilai, dan KTP. Selain itu di beberapa instansi biasanya ada juga yang mewajibkan menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian, Surat Dokter, sertifikasi, dan lainnya.

2. Perhatikan Penulisan Nomor dan Tanggal Ijazah dengan Tiliti

Dalam tahapan seleksi ini, kamu tentu akan diminta untuk menyisipkan ijazah. Ketika memasukkan data ijazah berupa nomor seri, kamu wajib benar-benar teliti. 

Pasalnya, jika kamu salah memasukkan nomor ijazah maupun tanggal kelulusan, maka dapat menyebabkan kamu tidak dalam seleksi administrasi CPNS.

3. Susunlah Dokumen dengan Rapi

Untuk memudahkan dalam melakukan seleksi berkas, kamu juga bisa menyusun seluruh dokumen sesuai dengan urutan yang diminta oleh instansi.

Umumnya, susunan berkas seleksi Administrasi ini dimulai dari surat lamaran, CV atau resume, ijazah, transkrip nilai, dan pas foto.

Apabila pihak instansi penerimaan CPNS (BKN) juga meminta dokumen pendukung lainnya, seperti sertifikat keahlian, surat kesehatan, SKCK, dan lain-lain.

4. Sajikan Seluruh Informasi Lamaran dengan Jujur

Dalam melamar CPNS, kamu wajib menyajikan seluruh informasi yang dibutuhkan dengan benar.

Setiap pelamar CPNS tidak diperbolehkan untuk melakukan pemalsuan data-data tertentu.

Jika kamu tertangkap tangan melakukan pemalsuan data, maka dapat menyebabkan kegagalan seleksi administrasi.

5. Sertakan Foto Terbaru

Penampilan seseorang tentu dapat berubah dari masa ke masa. Sebaiknya, menyertakan foto dengan penampilan terbaru. 

Dengan begitu, pihak rekrutmen Badan Kepegawaian pun akan lebih mudah mengenali sosok kamu. 

Hal itu juga berfungsi untuk menghindari praktik perjokian Calon Pegawai Negeri Sipil. 

6. Scan Seluruh Dokumen Secara Jelas 

Agar lolos seleksi administrasi, kamu perlu menyertakan seluruh dokumen secara jelas dan mampu dibaca dengan baik. 

Jika ada dokumen yang tidak terbaca, maka pihak rekrutmen akan kesulitan untuk mengidentifikasi isi informasi yang tertera. Akibatnya, kamu bisa dinyatakan tidak lolos dalam tahap seleksi administrasi.

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT