Sukabumi Update

Persaingan Ketat! Simak 5 Tips untuk Fresh Graduate Saat Mencari Lowongan Kerja

Ilustrasi fresh graduate. | (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Fresh graduate atau lulusan baru butuh perjuangan lebih untuk mendapatkan pekerjaan. Tips memilih dan mencari lowongan pekerjaan adalah pilihan tepat bagi mereka supaya tidak bingung dan salah.

Namun, perlu diketahui juga bahwa beberapa perusahaan di Indonesia memang membutuhkan seorang fresh graduate atau lulusan baru. Maka dari itu, meski tak punya pengalaman, lulusan baru punya peluang yang sama besarnya.

Untuk fresh graduate, tak ada salahnya juga menyimak lima tips mencari info lowongan kerja berikut agar tidak terus bingung, Dihimpun Tempo.co yang dilansir dari Teen, berikut tipsnya.

1. Magang untuk cari pengalaman

Banyak yang bilang lowongan kerja di Indonesia melihat pengalaman kandidatnya. Bagaimana jika belum berpengalaman? Jangan khawatir, melalui program magang atau menjadi relawan, Anda akan dengan cepat belajar mengenai organisasi dan kultur kerja.

Baca Juga: 7 Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Pake WA Gak Perlu Terhubung Internet

Program magang juga banyak macamnya dan sudah pasti menarik. Tidak hanya belajar mengenai satu jenis pekerjaan namun dengan magang juga bisa mengobservasi jenis pekerjaan apa yang diminati.

2. Hadiri job fair

Job fair sering diadakan di kampus-kampus. Melalui job fair Anda akan mengetahui info lowongan kerja. Berbagai perusahaan akan membuka gerai di sana, jadi jangan lupa siapkan CV dan bersiap untuk mengikuti wawancara kerja di lokasi.

3. Jejaring sosial

Untuk memudahkan mendapat info lowongan kerja, ada baiknya memperluas jaringan. Jaringan yang luas akan mempermudah mendapatkan info lowongan kerja. Selain itu, memperluas jaringan memberikan kesempatan untuk memahami jenis pekerjaan dari sudut pandang orang lain.

Baca Juga: Jobseeker Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Lamaran Kerja Selalu Ditolak!

Namun jangan salah, memperluas jaringan bukan berarti berhadapan langsung. Kita bisa membangun jaringan dengan media sosial. Selain Instagram, Twitter, dan Facebook, kita juga bisa menggunakan Linkedin untuk berkoneksi dengan pekerja profesional atau sesama kandidat.

4. Cari di internet

Mencari info lowongan kerja saat ini sangat gampang. Perusahaan lebih banyak mengiklankan lowongan kerjanya di situs pencarian kerja daring. Tinggal ketik nama pekerjaan yang dicari dan pasti banyak lowongan kerja yang muncul. Namun, perhatikan juga profil perusahaan sebelum melamar kerja dan jangan lupa menggunakan situs pencarian kerja yang terpercaya

Baca Juga: Cara Setting Proxy WhatsApp di Android dan Iphone, Fitur Pesan Tanpa Koneksi Internet

5. Pelajari teknik wawancara

Wawancara merupakan tahap selanjutnya jika sudah sukses melamar kerja. Tahap ini pastinya akan membuat gugup. Tapi, sekarang ini sudah banyak situs-situs yang menyediakan artikel atau pelatihan untuk yang sedang mencari kerja.

Baca Juga: Pasir Heunceut Viral, Anggota DPRD Sebut Geopark Ciletuh Sukabumi Punya Karang Kontol

Contohnya CareerContessa yang menyediakan artikel seputar karir, jaringan, hingga pelatihan lewat video. Dengan menyiapkan diri untuk teknik wawancara dari sekarang akan mempersiapkan Anda mencari lowongan kerja.

Sumber: Tempo.co

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT