Sukabumi Update

Cerita Mas Heris, Jualan Bakso di Sukabumi Dari Harga 10 Sen Per Mangkok

Bakso daging sapi Mas Heris di Cisaat Sukabumi, sudah jualan dari tahun 1976 (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Pecinta bakso di Sukabumi pasti tahu dengan pedagang yang satu ini. Bakso Mas Heris, asli daging sapi, sudah puluhan tahun berjualan di Sukabumi dari harga satu mangkok masih 10 sen.

Berawal dari tahun 1976, mas Heris yang saat itu berusia 16 tahun merantau ke Sukabumi dari Solo Jawa Tengah. Heri muda saat itu memulai kehidupan di Sukabumi sebagai pedagang bakso keliling .

“Saya sudah jualan bakso 40 tahunan. Dari harga satu mangkok bakso itu masih 10 sen,” ucapnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu 7 Januari 2023.

Baca Juga: Jual Rokok Ketengan Bakal Dilarang Pemerintah, Pedagang di Sukabumi Protes

Dari jualan keliling dengan cara dipikul, kini warung bakso mas Heris berada di Desa Sukamanah Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Bangunan sendiri, ruko yang cukup luas untuk ukuran tukang bakso di Sukabumi.

Di usianya yang kini sudah 63 tahun, lansia yang tetap dipanggil mas ini tetap semangat melayani konsumennya. Perjalanannya menekuni usaha kuliner yang disukai banyak orang ini sangat inspiratif, karena memulainya dari nol, tertatih hingga saat ini bisa punya ruko sendiri.

Mas Heris kini berdagang bakso di ruko miliknya sendiri di Sukamanah Cisaat SukabumiMas Heris kini berdagang bakso di ruko miliknya sendiri di Sukamanah Cisaat Sukabumi

Ternyata salah satu kiat Mas Heris dalam usaha ini adalah komitmen kuat untuk menabung.

Baca Juga: Pedagang Makanan hingga Kos-kosan Lesu Imbas PHK di Cicurug Sukabumi

“Saya upayakan terus menabung dari hasil dagang. Tabungan digunakan untuk mengembangkan usaha bakso ini,” ungkap Mas Heris.

Bakso daging sapi Mas Heris kini punya omset kurang lebih Rp 2,5 juta per hari. Ia sukses membiayai pendidikan anak-anaknya dari hasil dagang bakso, anak pertama kini jadi ASN di salah satu kementerian, yang kedua masih kuliah dan bungsu duduk di bangku SMA.

“Dari harga 10 sen per mangkok, harga bakso daging sapi terus berubah ikut perkembangan zaman. Kini harganya Rp 13.000 per porsi,” jelas Mas Heris.

Writer: Dion (Magang)

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT