TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Cuti Bersama Imlek 23 Januari 2023, Apakah Karyawan Swasta Libur?

Ilustrasi. Kalender Cuti Bersama Imlek 2023 (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Cuti Bersama tahun baru Imlek 2574 Kongzili jatuh pada hari senin, 23 Januari 2023 mendatang.

Cuti bersama Imlek ini berselang satu hari dari tanggal perayaan Imlek itu sendiri, yakni Minggu, 22 Januari 2023.

Namun, karyawan swasta mulai ramai membahas apakah mereka harus bekerja di tanggal tersebut atau tidak.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi menetapkan aturan 8 hari cuti bersama bagi PNS dan juga PPPK di tahun 2023 tidak akan memotong cuti tahunan mereka, dikutip dari suara.com.

Aturan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) No. 24 Tahun 2022 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2023. Simak penjelasan aturan cuti bersama karyawan swasta terkait Tahun Baru Imlek 2023.

Baca Juga: Wisata Curug di Sukabumi, Cikaso Jadi Tempat Bersemayam Prabu Siliwangi?

Terkait ketentuan cuti bersama Imlek Senin, 23 Januari 2023, tersebut tertuang dalam SKB 3 Menteri, yaitu Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi (PANRB).

Lebih tepatnya, diatur dalam SKB 3 Menteri Nomor 1066 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022, dan Nomor 3 Tahun 2022 yang mengatur tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023.

Sebagaimana dijelaskan dalam aturan tersebut, cuti bersama merupakan cuti khusus dari pemerintah yang diberikan kepada aparatur sipil negara atau ASN termasuk PNS dan PPPK. Dengan demikian, semua orang yang bekerja sebagai ASN akan mendapatkan cuti bersama tanpa mengurangi jatah cuti tahunannya.

Lantas, bagaimana dengan aturan cuti bersama karyawan swasta? Apakah perusahaan juga wajib meliburkan pegawai saat ASN cuti bersama?

Editor : Nida Salma Mardiyyah

Tags :
BERITA TERKAIT