Sukabumi Update

Mudah! Begini Cara Daftar Jadi Penerima Bansos Secara Online Aplikasi Cek Bansos

Ilustrasi. Untuk yang masih bingung bagaimana cara mendaftar jadi penerima bansos bisa simak artikel berikut | Foto: Pixabay/Iqbalnuril.

SUKABUMIUPDATE.com - Pastikan diri kamu terdaftar sebagai penerima Bantuan Sosial (Bansos). Jika belum terdaftar, sebaiknya segera daftar salah satunya melalui aplikasi Cek Bansos milik Kementerian Sosial atau Kemensos.

Meski sudah diberlakukan untuk kurun waktu yang cukup lama, Namun masih banyak dari kalangan masyarakat yang kebingungan dengan bagaimana cara daftar agar menjadi penerima bansos.

Mengutip dari Bandung.suara.com, melalui aplikasi tersebut masyarakat bisa mengundurkan diri sebagai penerima bansos atau mendaftarkan diri, keluarga, juga tetangganya sebagai penerima bansos.

Baca Juga: 525.324 KPM Sukabumi Terima Bansos, Cek Daftar Bantuan yang Akan Cair 2023

Cara Mendaftar Penerima Bansos

Sebelum daftar dan mengajukan diri sebagai penerima Bansos 2023, tentunya masyarakat harus sudah mempunyai akun kemensos. Adapun cara membuat akun Kemensos adalah sebagai berikut:

  1. Download Aplikasi 'Cek Bansos' di Playstore.
  2. Apabila sudah terinstal di perangkat yang digunakan, silahkan buka aplikasi tersebut.
  3. Pilih 'buat akun baru' dan mulailah mengisi seluruh kolom isian yang ada secara rinci.
  4. Setelah terisi dari kolom 'nomor KK' hingga 'upload foto'. Klik tombol 'buat akaun baru'
  5. Jika sudah, kamu akan mendapatkan email sebagai aktivasi akun.
  6. Lalu kamu bisa login kembali menggunakan akun yang baru saja kamu buat.

Baca Juga: Kenali 6 Bahasa Tubuh Wanita, Tanda-Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

Fitur Aplikasi Cek Bansos

Setelah membuat akun Kemensos, kamu juga bisa mulai memantau terkait apakah Bansos disalurkan sesuai dengan kondisi sebenarnya atau tidak.

Selain itu melalui Aplikasi Cek Bansos terdapat fitur usul dan sanggah. Kedua fitur ini berguna untuk melakukan pembaharuan data terkait kamu sebagai masyarakat yang berhak dan tidak berhak mendapatkan dana bansos.

Fitur usul dapat digunakan apabila kamu akan mengusulkan baik itu dirimu sendiri atau atau orang lain disekitarmu untuk bisa bantuan sosial.

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi Grand Vitara, Mobil Baru yang Akan Meramaikan Segmen Small SUV

Sementara itu, fitur sanggah berfungsi sebaliknya, ia digunakan apabila kamu merasa atau menemui orang yang tidak berhak tetapi mendapatkan bantuan sosial termasuk berlaku untuk dirimu sendiri.

Sumber: Bandung.suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT